Edi Purwanto, Politikus Muda Jambi Caleg DPR RI Dapil Jambi

Share

Nama Edi Purwanto kini menjadi sorotan dari sisi politik, hal ini lantaran Ketua DPRD Provinsi Jambi tersebut bakal melenggang ke Senayan dengan menjadi Calon Legislatif DPR RI pada Pemilu 2024 mendatang. Sosok Edi Purwanto tidak hanya dikenal sebagai Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Jambi, namun Edi Purwanto juga dikenal sebagai seorang politikus muda.

Edi Purwanto lahir di Batu Putih, Sarolangun, pada 4 Juli 1980. Di usia 39 tahun, yang tergolong masih muda tersebut, Edi Purwanto mendapat mandat dari Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati untuk menjadi Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Provinsi Jambi.

Pada 2019, Edi Purwanto mendapat kepercayaan dari masyarakat Jambi untuk menjadi Ketua DPRD Provinsi Jambi yang sebelumnya dijabat oleh Cornelis Buston. Edi Purwanto memulai pendidikan dasarnya di SD 327 Batu Putih, dari tahun 1987 hingga 1993, kemudian melanjutkan ke SMP 2 Singkut pada tahun 1993 hingga 1996. Kemudian dirinya melanjutkan sekolah di MAN Model Jambi pada kurun waktu 1996 hingga 1999.

Selesai di MAN Model Jambi, Edi Purwanto melanjutkan kuliah ke S1 IAIN STS Jambi dan lulus pada tahun 2004. Dengan prestasi akademisnya, ia bisa melanjutkan ke S2 Universitas Indonesia dan lulus pada tahun 2008.

Baca Juga :  Dinyatakan Memenangkan 45% UAS Keluarkan Statement.

Disisi lain, soal perpolitkan di Provinsi Jambi, sosok Edi Purwanto sudah tidak diragukan lagi. Meski tergolong sebagai politikus muda, namun debut Edi Purwanto sudah sangat matang. Pada 2005 dirinya bergabung ke PDI Perjuangan dan mendapat kepercayaan untuk menjadi wakil ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Jambi. Lima tahun menjadi Wakil Ketua, pada 2010 Ia mendapat mandat menjadi sekretaris PDI Perjuangan Provinsi Jambi.

Lebih lanjut disampaikan oleh Edi, tepat pada 2015, diusia yang sangat muda, 34 tahun Ia menjadi Ketua PDI Perjuangan Provinsi Jambi. Kepercayaan yang diberikan oleh Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati menjadi amanah besar bagi Edi Purwanto untuk mengawal PDI Perjuangan di Jambi.

Atas kepemimpinan Edi Purwanto, jejak PDI Perjuangan di Provinsi Jambi yang belum pernah menang dalam debut pemilihan, pada 2019 untuk pertama kalinya PDI Perjuangan menang di Provinsi Jambi. Kerja keras Edi Purwanto ini membuahkan hasil hingga saat ini, DPRD Provinsi Jambi dibawah kepemimpinan dirinya bekerja dengan baik menjalankan visi dan misi untuk mensejahterakan masyarakat Provinsi Jambi. (tj)

Komentar