oleh

Bungo Punya Potensi Wisata Arung Jeram

Share

Muara Bungo – Kabupaten Bungo ternyata memiliki banyak potensi wisata yang belum terjamah. Satu lagi potensi wisata air yang dapat memberikan sensasi menantang bagi anda yang menyukai petualangan.

Potensi wisata tersebut berada di antara Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang dengan Kecamatan Bhatin II Pelayang, tepatnya di Dusun Peninjau, Bhatin II Pelayang.

Lokasi yang satu ini benar-benar cocok sebagai wisata Arung Jeram. Rutenya bisa di mulai dari Dusun Baru Lubuk Mengkuang dan Fhinis di Dusun Peninjau. Jarak tempuh sekitar 20 KM, dengan estimasi waktu 2,5 jam.

Ketua umum Federasi Arung Jeram Indonesia Kabupaten Bungo (FAJI) Ahmad Khoiri menyampaikan. Potensi wisata ini dapat dikembangkan untuk para pencinta Arung Jeram. Tentunya bagi wisatawan yang suka dengan tantangan, mengarungi Sungai Batang Tebo ini akan menjadi sebuah pengalaman yang tidak terlupakan.

Menurut Khoiri, di sepanjang rute para pengarung akan menjumpai 33 jeram, dan terdapat jeram yang cukup panjang hingga lebih kurang 500 Meter.

“Selain menikmati jeram, kita juga akan menyaksikan keasrian lingkungan di kiri kanan sungai, mulai dari jejeran bebatuan dengan berbagai ukuran dan bentuk, deretan hutan bambu, tebing batu yang menjulang tinggi, air terjun kecil yang langsung mengalir ke sungai hingga sebuah pantai pasir kecil yang nyaman sekali sebagai tempat pemberhentian,” terang ketua umum Faji Bungo.

Sementara, Rio Dusun Peninjau, Afrizal S.Sos menyampaikan. Pihaknya sangat mendukung jika lokasi Arung Jeram ini menjadi tempat wisata. Bahkan dirinya mengaku terus mendukung kegiatan Arung Jeram di dusunnya tersebut.

Apalagi lokasinya sangat mudah di akases dengan kendaraan apapun, dan tidak terlalu jauh dari Kota Muara Bungo.

Tentunya ia berharap campur tangan pemerintah daerah untuk dapat melihat potensi ini sebagai sebuah distinasi wisata yang dapat di kembangkan. Dengan demikian akan lebih banyak destinasi masyarakat Bungo maupun dari luar untuk berwisata di Kabupaten Bungo.

“Abang selalu mendukung dindo, mudah-mudahan kedepan dapat di buka untuk umum dan menjadi pilihan wisata masyarakat,” terang Rio Peninjau.

“Masyarakat Peninjau siap menyambut wisatawan yang berkunjung dan ingin menikmati Arung Jeram ini,” tutupnya. (tj)

Komentar

News Feed