oleh

27 Komponen PJUTS Kota Sungai Penuh Hilang di Curi

Share

Sungai Penuh – Dari total 200 Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) milik Kota Sungai Penuh yang sudah dipasang oleh Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Sungai Penuh pada bulan Juni 2019, sedikitnya ada 27 komponen PJUTS yang hilang, ke 27 komponen yang hilang tersebut terdiri dari panel surya dan baterai.

Hal tersebut diungkapkan oleh Doni Isro Wahyuni, Kasi Pelaksana Prasarana Umum Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Sungai Penuh, kepada awak media dikatakannya, pihaknya sudah mendata titik-titik yang mengalami pencurian.

“Sudah kita data dimana dan berapa jumlah PJUTS yang hilang, dari data yang kami peroleh sebanyak 27 komponen  yang hilang yang terdiri dari panel surya dan baterai,” kata Doni, Kamis (17/10/19).

Ditambahkannya, Pengadaan lampu penerang tersebut merupakan hibah dari Kementerian ESDM yang diperuntukkan bagi Kota dan Kabupaten di Provinsi Jambi, yang apa bila hilang atau dicuri, itu tidak ada penggantinya.

“Kita sangat menyayangkan akan kejadian ini, pasalnya pangadaan lampu penerang tersebut merupakan hibah dari Kementerian ESDM, apa bila hilang atau dicuri maka tidak ada penggantinya, melainkan menjadi tanggungjawab pemerintah daerah,” tambahnya.

Ia juga menjelaskan hilangnya komponen PJUTS berada di dua titik lokasi yang berbeda, yakni 22 titik di Desa Sungai Jernih Kecamatan Pondok Tinggi arah bukit khayangan dan 5 titik di Desa Sungai Ning Kecamatan Sungai Bungkal.

Dengan hilangnya komponen PJUTS yang terjadi dibeberapa titik tersebut mengakibatkan daerah yang belum teraliri listrik yang masih mengandalkan penerangan dari PJUTS menjadi gelap gulita, dan atas kejadian tersebut, pihaknya sudah melaporkan kepada pihak kepolisian untuk menyelidikinya.

Reporter : Asep Sanjaya
Editor : Ahmad Pudaili

Komentar

News Feed