oleh

Manfaatkan Lahan Gambut Tanpa Membakar, Fesdes Teluk Kulbi Bersama Pemerintah Desa. Tanam Lenkuas Tiga Hektar lebih

Share

Tanjab Barat-,Agar Lahan Gambut lebih bermanfaat pemerintah desa teluk kulbi beserta masyarakat dan Fasilitas desa Badan Restorasi Gambut berusaha Mencari Solusi agar lahan gambut bisa dimanfaatkan untuk Warga desa teluk kulbi.

Sebagai solusi pemanfaatan lahan gambut, Abdi mardian selaku Fasdes Desa Peduli Gambut mengusulkan penanaman Lengkuas (Laos) yang dapat tumbuh dengan baik di lahan gambut tersebut.

“Kita mengusul penanaman lengkuas, bisa menjadi tanaman sela diantara tanaman yang sudah ada seperti pinang, kopi dan sawit”. Ujar Abdi Mardian Fasdes Desa Teluk Kulbi. Saat Dikonfirmasi Awak Media. Minggu (16/08/2020)

Tidak hanya itu, Abdi Mardian mengajak dan menyakinkan anggota KMPG Rumpun Mas untuk mulai menanam lengkuas, karena sebagian besar lahan gambut di Desa Teluk Kulbi sangat cocok untuk tumbuh kembang dilahan gambut tersebut. Sebagai upaya memenuhi kebutuhan konsumsi rumah tangga dan sebagian bisa dikomersilkan.

Upaya Fasilitas Desa (Fasdes.red) dan KMPG Rumpun Mas ini mendapat sambutan baik dari masyarakat maupun pemerintah Desa Teluk Kulbi, melalui Musdes RKPDes dalam APBDes 2020 pemerintah desa menganggarkan Rp. 20.000.000 untuk kegiatan dempot budidaya lengkuas.

Tidak cukup sampai disitu, berharap kedepanya tanaman lengkuas juga dicanangkan menjadi salah satu produk unggulan Desa Teluk Kulbi dengan masuknya usulan demplot pada RPJMDes 2019-2025.

Keberhasilan KMPG Rumpun Mas dalam mengelolah lahan tanpa membakar dan budidaya lengkuas pada lahan seluas 3 Ha mulai ditiru oleh masyarakat lain dengan membuat kelompok baru maupun secara indivindu warga mulai menanam tanaman lengkuas pada pekarangan rumah-rumah mereka, lebih dari itu selain lengkuas , masyarakat juga mulai membudidayakan secara masal tanaman sejenis seperti kunyit, jahe, kencur, serai dan kapulaga.

Hingga saat ini tercatat sedikitnya ada 2 KMPG yaitu KMPG Serumpun bersama, KMPG Suak Udang dan 12 Kelompok Dasawisma PKK mereplikasi kegiatan demplot KMPG Rumput Mas belum lagi ditambah dengan jumlah masyarakat yang bergerak secara mandiri menanam dilahan pekarangan. Jika dikolkulasi ada lebih dari 150 orang warga masyarakat baik laki-laki maupun perempuan termotivasi dan terlibat langsung untuk melakukan kegiatan yang sama.

“Harapan besar dari kami untuk menjadikan Desa Teluk Kubi sebagai desa rempah, artinya sebagai penghasil utama rempah-rempah seperti lengkuas, kunyit, jahe, kencur, serai dan kapulaga disamping tanaman utama lainya seperti pinang, kopi dan sawit” ujar M.Ilyas, Tokoh Masyarakat teluk kulbi

Sementara itu Pemerintah desa teluk kulbi kabupaten Tanjung Jabung Barat, atau organisasi lain, mengucapkan rasa terimakasih kepada fasilitas Desa Teluk Kulbi yang membuat Terobosan yang diharapkan bisa Lebih baik untuk dimasa mendatang.

“kami mengucapkan terimakasih kepada Fasdes dan BRG-Kemitraan karena melalui kegiatan demplot lengkuas, sekarang masyarakat mulai sadar dan memanfaatkan lahan gambut dengan baik, kedepanya perluasan akan terus kami upayakan melalui demplot-demplot pada setiap parit” Ujar Yuswaji, Kepala Desa Teluk Kulbi. Saat dikonfirmasi

Reporter ; Ipandri Arahman Hadi

Komentar

News Feed