oleh

Ada – ada Saja, Mobil Bantuan Kementrian Malah Direntalkan Dishub Kabupaten Bungo

Share

Muara Bungo – Mobil jenis Toyota Hiace dan Mithsubishi enkel bantuan dari Kementrian Perhubungan disalahgunakan oleh Dinas Perhubungan (Dishub), Kabupaten Bungo. Bantuan untuk angkutan pedesaan diduga dijadikan bisnis dengan cara direntalkan.

Adapun nilai rentalnya terbilang cukup besar, yakni mulai dari Rp 1,9 juta sampai Rp 2,4 juta untuk satu harinya. Bahkan, agar pungli ini terkesan legal, Dinas Perhubungan sangaja membentuk sebuah koperasi.

Selain angkutan desa, mobil medium bus dengan kapasitas lebih kurang 30 orang bantuan dari Kementrian Perhubungan yang diperuntukan antar jemput anak sekolah, juga ikut direntalkan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Bungo.

“Memang benar kami rentalkan, harga rental bermacam, tergantung jauh dekatnya. Rental ini dikelola oleh koperasi kami,” ucap Ansori A Roni, Plt Kepala Dinas Perhubungan, Kabupaten Bungo.

Ansori menyebutkan, koperasi yang dibentuknya itu sudah memiliki badan hukum. Bahkan koperasi tersebut beranggotakan pegawai yang bekerja pada dinas Perhubungan Kabupaten Bungo.

“Semua anggota koperasinya dari pegawai sini, tidak bisa dari luar. Khusus untuk pengurusan sewanya nanti ada dari bidang kita. Nanti keuntungannya ya untuk koperasi kita,” sebut Ansori.

Menanggapi persoalan ini, anggota DPRD Bungo, Dharmawan meminta aparat penegak hukum untuk mengusut kasus ini. Selain itu ia juga berharap agar Pemerintah Kabupaten Bungo menindak persoalan ini.

“Jika memang, ini pungli. Kita meminta aparat penegak hukum untuk memprosesnya. Saya juga berharap agar pejabat yang ikut terlibat agar dicopot dari jabatannya,” ucap politisi partai PKS ini.

Reporter : Ahmad Pudaili

Komentar

News Feed