oleh

Bahas Cuaca dan SLI, Bupati Batanghari Sambut Kepala BMKG Jambi

Share

Batanghari – Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief menyambut kunjungan kepala Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jambi yang diwakili Stasiun Klimatologi Muarojambi, Senin (05/04/2021).

Dalam pertemuan ini Bupati dan BMKG membahas rencana program Sekolah Lapang Iklim (SLI) yang akan diadakan dalam waktu dekat.

Kepala stasiun Klimatologi Murojambi Yudha Trisaputra, SP, menjelaskan, melalui Sekolah Lapang Iklim (SLI), petani akan dididik untuk memanfaatkan informasi dan prakiraan iklim / musim secara efektif dalam kegiatan pertanian mereka.

“Manfaat Sekolah Lapang Iklim bagi petani ialah untuk meningkatkan pengetahuan mereka mengenai informasi iklim dan dampaknya terhadap sektor pertanian,” jelas Yudha.

Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief menyambut baik rencana SLI di Batanghari, karena mayoritas penduduk di Kabupaten tersebut adalah petani. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi petani untuk menentukan musim tanam.

“Saya menaruh perhatian yang besar terhadap sektor pertanian. Petani Kita perlu dibekali pengetahuan soal iklim karena selama ini banyak yang menggunakan perhitungan tradisional,” kata Fadhil.

Bupati juga menawarkan beberapa daerah menjadi lokus sekolah iklim di lapangan. Dia berharap program ini bisa diikuti perwakilan dari bebrapa kelompok tani.

“Harapan kita SLI ini difokuskan pada daerah potensial yang belum tersentuh program pemerintah. Kalau bisa pesertanya perwakilan dari beberapa poktan, sehingga ada transfer ilmu ke petani lain,” kata Fadhil.

Lebih jauh Fadhil mengharapkan, pasca selesainya program SLI Petani Batanghari bisa jadi contoh bagi petani kabupaten lain.

Komentar

News Feed