Bupati H. Mashuri Buka Lomba Tingkat (LT) III Kwarcab Pramuka Bungo

Titik Bungo31 Dilihat
Share

Muara Bungo – Bupati Bungo H. Mashuri, SP, ME membuka secara resmi Lomba Tingkat (LT) III Kwarcab Pramuka Bungo yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan (Buper) Cadika. Rabu (26/10/2022)

Diawali dengan upacara pembukaan yang sebelumnya Bupati Bungo disambut di depan lapangan Upacara.

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan beberapa hal yang perlu diperhatikan pada acara LT III ini. Selain untuk meningkatkan prestasi sesama anggota pramuka juga menjalin tali silaturrahmi.

“Adik-adik dan anak-anak yang kami banggakan, saya merasa bahagia karena dapat bersilaturahmi dan bertatap muka dengan adik-adik dalam acara pembukaan lomba ini,” kata Bupati.

Mudah-mudahan pertemuan hari ini merupakan suatu awal yang baik kita semua untuk dapat lebih meningkatkan tali silaturahmi dan persaudaraan diantara kita bersama anggota Gerakan Pramuka kabupaten Bungo,” ujar Bupati.

Pada hari ini adik-adik akan mengikuti kegiatan lomba tingkat tiga. Konsep yang diharapkan dari adik-adik beserta pendamping yang mengikuti kegiatan ini supaya dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Karena melalui kegiatan ini diharapkan adik-adik dan anak-anak kami dapat menambah pengetahuan dan keterampilan kepramukaan yang nantinya sangat bermanfaat bagi kehidupan adik-adik.

Jadikan kegiatan ini sebagai wahana untuk lebih meningkatkan prestasi dalam bidang kepramukaan meskipun kegiatan ini bukan satu-satunya tolak ukur keberhasilan dalam mengikuti kegiatan kepramukaan,” tambahnya lagi.

Kita juga harus menyeimbangkan dan janganlah lebih mengutamakan latihan keterampilan teknik daripada pembinaan orang. Semua kegiatan kepramukaan yang berupa keterampilan, penjelajahan, perkembangan pengembaraan, bakti masyarakat, jambore dan sebagainya itu bukan tujuan akhir, namun tujuan utama adalah pembentukan karakter yang mengandung arti bahwa generasi mendatang merupakan generasi yang sehat generasi yang penuh pengabdian ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan pengabdian kepada sesama,” papar Bupati.

Baca Juga :  Bawa Empat Orang Penumpang, Satu Unit Mobil Terios Jatuh Ke Jurang

Kegiatan lomba tingkat 3 yang sekarang akan dilaksanakan diharapkan nanti dapat menjadi sesuatu untuk meningkatkan prestasi peserta didik dan juga diharapkan dapat dijadikan suatu alat untuk dapat mencapai tujuan dari pendidikan.

Saya juga berpesan kepada panitia maupun kepada seluruh pembina pendamping agar selalu menjaga keamanan ketertiban serta kelancaran kegiatan lomba tingkat 3 ini. Didiklah adik-adik dan anak-anak kita peserta lomba tingkat 3 dengan baik agar mereka merasa nyaman dan senang mengikuti kegiatan ini bagian dari peserta lomba tingkat 3 dan juga kepada adik adik dan adik adik berpesan ikutlah kegiatan ini dengan sebaik-baiknya insyaallah adik-adik mendapatkan prestasi yang baik walaupun pada kesempatan ini belum berprestasi teruslah berlatih karena dengan kegiatan ini insyaallah akan menjadi pedoman dan sesungguhnya tidak ada Pramuka yang terlatih yang ada adalah Pramuka yang Berlatih Terus,” pungkasnya sambil membuka secara resmi kegiatan LT III.

Terpisah laporan Panitia Lomba Tingkat III Kwarcab Bungo Tahun 2022 mengatakan bahwa peserta terdiri dari 136 orang peserta Putra-Putri sedangkan pembina pendamping 34 orang panitia 54 orang total seluruhnya adalah 360 orang yang diikuti oleh 17 Kwartir Pramuka Kecamatan. (tj)

Komentar