Bupati Kerinci Adirozal Hadiri Seminar Nasional di IAIN Kerinci

Share

KERINCI – Bupati Kerinci Dr. H. Adirozal, M.Si menghadiri Seminar Nasional bersama Kepala Badan Pembinaan Idiologi Pancasila Republik Indonesia Bapak Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, MA., PhD di IAIN Kerinci.

Hadir juga pada acara Rektor IAIN Kerinci, Walikota Sungai Penuh yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan san SDM, Forkopimda Kerinci dan tamu undangan lainya.

Prof,Drs. kH. Yudian Wahyudi, MA., PhD Proses internalisasi dan revitalisasi nilai-nilai Pancasila harus dilakukan secara masif agar dapat menjangkau seluruh elemen masyarakat dan menjadi proses yang berkesinambungan. Sehingga, tertanam kuat dan tidak mudah tercerabut oleh hempasan gelombang peradaban, tidak berhenti atau dibatasi oleh periodisasi zaman, apalagi pergantian pemerintahan.” Ujarnya, Senin (18/07)

Pancasila dipercaya memperkuat konsolidasi sistem politik Indonesia. Sayangnya, tingkat konsolidasi sistem politik Indonesia baru berada pada tingkat ‘sedang’, atau bahkan ‘kurang’, dengan skor 52,8 hingga 58. Demikian juga terkait bagaimana nilai-nilai Pancasila itu direalisasikan dalam kehidupan berbangsa, yang ‘hanya’ mencapai skor 73,7 dan juga diklasifikasikan dalam kategori ‘sedang’,”

Jadi yang dipelajari aktualisasi penerapan (pancasila) di dalam masyarakat mulai dari karakteristik masyarakat dengan melaksanakan pancasila dalam kehidupan dan solusi terhadap masalah di masyarakat melalui pancasila, jelasnya.

Prof,Drs. kH. Yudian Wahyudi, MA., PhD, menyampaikan ideologi Pancasila tidak hanya memelajari pancasila, namun juga meneguhkan kembali UUD 1945, persatuan kesatuan, NKRI, serta bela negara. Tutupnya”.(Sep)

Komentar