Bupati Kerinci Dampingi Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani Dalam Pembukaan Festival Kerinci ke-XX

Titik Kerinci10 Dilihat
Share

KERINCI – Pelaksanaan Festival Kerinci XX/ 2022, yang menjadi agenda nasional kembali digelar oleh Pemerintah Kabupaten Kerinci, melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kerinci, pada Minggu (06/11), di bertempat di Objek Wisata Danau Kerinci Sanggaran Agung.

Pembukaan Festival Kerinci yang XX 2022 dibuka Wakil Gubernur Jambi Drs.H.Abdullah Sani, M.PdI, ditandai dengan pemukulan beduk bersama Sekretaris Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Edy Wardoyo Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Keratif (Kemenparekraf) dan Bupati kabupaten Kerinci Dr.H.Adirozal.M.Si.

Bupati Kerinci Dr.H.Adirozal,M.Si dalam Sambutannya menyampaikan ucapan terima Kasih Kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Keratif (Kemenparekraf), dan Pemerintah Provinsi Jambi atas kehadiran pada agenda Nasional Pelaksanaan Festival Kerinci XX /2022.

“Tujuan festival Kerinci ini sebagai ajang promosi unggulan pariwisata kabupaten Kerinci, sehingga nantinya bisa memperkenalkan unggulan dan kreatifitas kabupaten Kerinci ke wisatawan, nantinya tentu akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Kerinci,”jelasnya.

Dia menyampaikan bahwa pertumbuhan pariwisata kabupaten Kerinci terus menunjukkan kemajuan dari tahun ke tahun, pada 2018, 223 ribu lebih kunjungan wisatawan, pada 2019 sebanyak 250 lebih kunjungan, pada 2020 pada saat pandemi kunjungan wisatawan masih tetap di atas 200 ribu.

Dan meningkatkan terus hingga saat ini mencapai 250 ribu lebih. Sekretaris Deputi Bidang Produk Wisata Dan Penyelenggara Kegiatan (Event) Edy Wardoyo Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI dalam Sambutanya menyampaikan bahwa pelaksanaan Festival Kerinci masuk Kharisma event Nusantara 11 event yang mewakili yang ada di Indonesia, salah satunya Festival Kerinci.

Baca Juga :  Bupati Adirozal Tandatangani Surat Keputusan Tentang Pengangkatan PJS Kepala Desa di Wilayah Kabupaten Kerinci

“Festival Kerinci layak masuk dalam kharisma even Nusantara, karena Kabupaten Kerinci Memiliki kekayaan budaya dan tradisi maka harus didorong dari sisi eventnya. Event ini diharapkan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar seperti meningkat ekonomi masyarakat,” ucapnya.

Wakil Gubernur Jambi, Drs H.Abdullah Sani, M.PdI dalam sambutannya berharap pelaksanaan Festival Kerinci ini bisa menjadi inspirasi dan motivasi dalam menggali potensi pariwisata termasuk jeli dalam menangkap peluang di sektor pengembangan pariwisata.

“Saya mengajak untuk terus menggali pontensi yang dimiliki kabupaten Kerinci serta mengelola kan secara maksimal dan mempromosikan. Semoga momentum Festival Kerinci ini sebagai ajang untuk mempromosikan keunggulan Lokal yang dimiliki kabupaten Kerinci,”harapnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kabupaten Kerinci Juanda Sasmita dalam sambutannya menyampaikan bahwa, Pelaksanaan Festival Kerinci XX 2022 digelar 6-9 November 2022, berbagai perlombaan yang ditampilkan salah satunya tradisi kebudayaan kabupaten Kerinci. “Pada Festival Kerinci ini, ada beberapa perlombaan yang akan digelar yakni Tari Massal, Seni Tradisi, Lagu Daerah, Kuliner Tradisional, Video Grafis, Foto Grafis, Fashion Show dan Kerinci Expo,” sebutnya.(Sep)

Komentar