oleh

Dandim 0420/Sarko Paparkan Kesiapan TMMD ke -111 TA 2021

Share

Jambi – Demi memastikan kesiapan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 111 TA 2021 di Wilayah Kodim 0420/Sarko dapat berjalan sesuai perencanaan, Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Tomi Radya Diansyah Lubis, S.A.P., M.Han., memaparkan rencana TMMD 111 kepada Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi melalui Video Conference (Vicon) bertempat di Makorem 042/Gapu Jl. Jend Urip Sumoharjo, Kelurahan Sungai Putri Kec. Danau Sipin Kota Jambi pada Jum’at (28/5/2021).

Sebelum melaksanakan paparan, terlebih dahulu Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi mengharapkan, melalui kegiatan TMMD tersebut, dapat mengetahui gambaran kondisi riil kegiatan yang akan dilaksanakan di daerah sasaran, sehingga secara dini dapat ditentukan kebijakan/langkah yang tepat untuk menyukseskan penyelenggaraan TMMD Ke-111.

“Dengan demikian pelaksanaan TMMD Ke-111 yang akan dilaksanakan serentak di Kabupaten Bengkulu Tengah, Merangin, Lampung Utara, Way Kanan dan Musi Banyuasin diharapkan dapat berjalan dengan lancar, sukses serta mencapai tujuan dan sasaran yang telah direncanakan”, ungkap Pangdam.

Pangdam juga menjelaskan bahwa, pelaksanaan Program TMMD yang dilaksanakan tiga kali dalam setahun, merupakan kegiatan lintas sektoral dengan berbagai Kementerian/Lembaga Pemerintah Non-Kementerian dan komponen masyarakat lainnya, yang dilaksanakan secara gotong-royong dan bukan domain TNI saja, hal tersebut demi tercapainya percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

“Untuk itu mari kita jadikan Rakornis TMMD ini menjadi wahana untuk berkoordinasi, berdiskusi dan menyinkronkan berbagai program yang dapat disinergikan dalam pelaksanaan TMMD Ke-111 TA 2021 ini”, ujar Pangdam.

Di samping itu melalui Rakornis ini, sambung Pangdam, diharapkan adanya saran dan ide-ide kreatif, inovatif dan konstruktif dari hadirin sekalian, terutama berkaitan dengan terobosan-terobosan yang mungkin bisa dilakukan sesuai kondisi wilayah masing-masing, sehingga sasaran pembangunan yang dikerjakan, benar-benar bisa dirasakan manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat di wilayah tersebut.

Selanjutnya, dengan manfaat yang demikian besar terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat, maka menjadi kewajiban dan tanggung jawab kita semua untuk bersama-sama menjamin suksesnya program TMMD ini.

“Untuk itu perlu adanya kerja sama dan keterpaduan antar pihak yang terkait. Oleh karena itu, para Komandan Satgas TMMD, agar mematangkan rencana yang sudah dibuat sehingga tujuan dan sasaran kegiatan TMMD dapat tercapai secara maksimal”, tegasnya.

Dalam paparannya, Dandim 0420/Sarko selaku Dansatgas TMMD Ke 111 untuk wilayah Kodim 0420/Sarko, memaparkan segala sesuatu terkait kesiapannya dalam menyelenggarakan kegiatan TMMD tahun 2021.

Dandim Sarko juga mengatakan, untuk wilayah Kodim 0420/Sarko program TMMD Ke 111 dengan mengusung tema “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri” akan berlangsung selama 30 hari mulai tanggal 15 Juni s.d 14 Juli 2021 dan akan dilaksanakan di Desa Bukit Beringin Kecamatan Bangko Barat Kabupaten Merangin Provinsi Jambi.

Dalam program TMMD tersebut akan dilaksanakan Sasaran fisik berupa peningkatan badan jalan sejauh 7,5 kilometer lebar 6 meter, pembangunan MCK sebanyak 6 unit (11 pintu) yang terdiri dari MCK Posyandu 3 unit (3 pintu), MCK umum 1 unit (4 pintu), MCK tempat wudhu 2 unit (4 pintu). Pembangunan Pos Jaga serta pembangunan Tugu TMMD dan renovasi RTLH 2 unit.

Sedangkan untuk Sasaran non fisik antara lain penyuluhan tentang Wasbang, Kamtibmas, Narkoba, Ketahanan Pangan, Kesehatan, peternakan dan perikanan, pengobatan gratis, pelayanan KB, Penyuluhan pendidikan.

Dalam paparan tersebut turut dihadiri oleh Danrem 042/Gapu Brigjen TNI M Zulkifli S.I.P, M.M, Ketua DPRD Kab. Merangin Herman Efendi, ST, MM, Sekda Kab. Merangin H. Hendri Maedalef, S.Sos, Kepala Bappeda Kab. Merangin Dr. Agus Zainuddin, S.Sos. M.Hum. Kepala PU Kab. Merangin H. Aspan, ST, serta Kasiter Kolonel Arh M Ibnu Sukelan. (Try)

Komentar

News Feed