oleh

Diguyur Hujan Semalaman, Dusun Tenam Terendam Banjir

Share

Muara Bungo – Sejumlah Desa (dusun) dalam wilayah Kecamatan Tanah Sepenggal Kabupaten Bungo terendam banjir akibat guyuran hujan sejak Jumat (31/12/2021) malam hingga Sabtu (1/1/2022) pagi sekira pukul 07:00 dengan ketinggian air bervariasi mencapai 0,5 meter.

Berikut wilayah Kecamatan Tanah Sepenggal yang terdampak terendam banjir akibat guyuran hujan, yakni Dusun Candi, Dusun Tenam, Dusun Pasar Rantau Embacang, Dusun Sungai Gambir dan Dusun Tanah Bekali. Ketinggian air mencapai satu lutut orang dewasa.

Banjir terparah terjadi di Dusun Tenam mencapai hampir setengah meter. Sementara parit besar yang yang melintasi daerah tersebut sudah tidak mampu menampung laju air yang datang begitu deras dari luapan sungai Batang Tebo.

Selanjutnya, salah satu Kampung di Dusun Candi, di mana parit besar yang berada di sisi jalan jalan Tumbuh Lamo tidak mampu mengurai sehingga menyebabkan wilayah tersebut dan sekitarnya terendam banjir. Daerah tersebut hampir rata terendam banjir sekitar setengah meter.

“Air mulai masuk ke rumah warga sekira pukul 07:00 pagi, dimana hingga pukul 13:30 WIB air sudah selutut kaki orang dewasa,” ungkap seorang warga Tenam, A. Kadir

Selain itu, Zamsofwan, Rio Dusun Tenam memohon perhatian BPBD/Basarnas/tim SAR untuk segera observasi ke dusun agar menghindari hal yang tidak inginkan.

“Sejak pukul pagi personel dari Babinkamtibmas Polsek Tanah Sepenggal sudah stand by di beberapa titik banjir. Bahkan, pihaknya saat ini sudah siaga penuh dengan melakukan patroli ke Kampung-kampung untuk melakukan evakuasi mengantisipasi hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Penulis : Ahmad Pudaili

Komentar

News Feed