oleh

Disematkan Pemangku Adat, Lima Rio di Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang Dikukuhkan

Share

Muara Bungo – Bupati Kabupaten Bungo H. Mashuri dan Wakil Bupati Bungo H. Safrudin Dwi Apriyanto, hadir dalam pengukuhan adat 5 (Lima) Rio Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang, dan sekaligus meresmikan TP-PKK secara serentak di halaman kantor Camat Limbur Lubuk Mengkuang kabupaten Bungo, Senin (03/08/2020).

Selain itu, juga hadir langsung ketua TP PKK kabupaten Bungo Hj Verawati Mashuri, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Bungo Hj Nining Wilasari, DPRD kabupaten Bungo, Para Staf Ahli dan Asisten, para Camat, para Kepala OPD dan Kabag lingkup Pemkab Bungo, para Datuk Rio yang dikukuhkan dan Rio Se Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang, ketua BPD dan seluruh anggota se Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang, Ibu PKK yang Mau di lantik dan Ibu PKK Se kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang, serta para tamu undangan lainnya.

Dalam laporannya, Zainuddin, S.Pd MM, Camat Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang menyampaikan pengukuhan Rio terpilih ini merupakan hasil pemilihan Rio serentak di Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang periode 2020 – 2026 dan pelantikan serentak yang dilakukan oleh Bupati Bungo H Mashuri SP ME di Kantor Bupati beberapa bulan yang lalu.

Zainuddin, juga menyampaikan selamat datang kepada Bupati Bungo H Mashuri SP ME dan wakil Bupati Bungo Safruddin Dwi Aprutanto, S.Pd beserta Rombongan di Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang.

“Pelaksanaan pengukuhan gelar adat Rio terpilih periode 2020 – 2026 berdasarkan surat Bupati Bungo Nomor 141./347/DPRD tahun 2020 tertanggal 7 Juli tahun 2020 tentang jadwal pengukuhan gelar adat Rio dan pelantikan ketua TP PKK Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang,” ungkapnya

Adapun pengukuhan gelar adat Rio terpilih, yakni Rio Dusun Tuo Lubuk Mengkuang (Arafiq), Dusun Baru Lubuk Mengkuang (Irianas), Dusun Renah Sungai Ipuh (Hasan Basri), Dusun Renah Sungai Besar (Tobri), Dusun Limbur Baru (Syahril).

Sambutannya, Bupati Bungo H Mashuri SP ME mengatakan pada pagi hari ini kita sama sama menyaksikan Pengukuhan Gelar Adat Datuk Rio kepada Datuk Datuk Rio sebagai pemangku adat di Dusun.

“Itulah kelebihan dan kearifan lokal yang dimiliki oleh Kabupaten Bungo yang tidak dimiliki oleh seluruh desa desa di Indonesia ini, selain menjadi Datuk Rio sebagai kepala pemerintahan di dusun, Datuk Rio juga sebagai pemangku adat di Dusun nya masing-masing.” tandas Bupati

Reporter : Julhijayan

Komentar

News Feed