oleh

DPRD Bungo Berikan 8 Butir Catatan Strategis untuk Pemerintah Daerah

Share

Muara Bungo – Dalam rangka penyampaian rekomendasi DPRD terhadap laporan pertanggung jawaban Bupati Bungo tahun anggaran 2020.

Setelah mendengar jawaban Pemerintah Daerah terhadap pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Bungo. Anggota Komisi II dan BK, Marwansyah Putra Siregar,S.Ds mengatakan DPRD Bungo merekomendasikan 8 butir catatan strategis.

1. Terkait pengadaan mobil dinas sekda serda pagar dan turap MTQ senilai 9 milyar, yang tidak di setujui badan anggaran, tetap juga di laksanakan maka DPRD Kabupaten Bungo tidak bertanggung jawab.

2. Pihak TPHD harus transfaran dalam mengelola anggaran, jangan ada yang ditutupi jika ada pergeseran harus ada persetujuan DPRD.

3. Terkait masalah Defisit Anggaran yang di alami Kabupaten Bungo saat ini, harus kita sikapi secara serius, agar permasalah defisit tidak terulang lagi di tahun yang berjalan dan yang akan datang.

4. Untuk Dinas Pendidikan agar mendata sarana dan prasarana pendidikan sekolah yang benar-benar membutuhkan perbaikan dan penambahan lokal

5. Pemerintah Daerah dalam pembahasan anggaran kedepan harus disampaikan pagu pendapatan dan anggaran dana transfer pusat secara transfaran,

6. Dalam rangka penyusunan KUA-PPAS terkait dengan penetapan pendapatan dana transfer dari pemerintah pusat, diminta kepada pemerintah daerah agar apat mempedomani peraturan perundang-undangan dan tidak ada lagi akun fiktif di tahun yang akan datang.

7. Untuk kepala OPD, selaku pengelola pendapatan, namun 3 tahun terakhir ini berturut-turut tidak ada peningkatan, oleh sebab itu kami mohon pemerintah daerah harus segera lakukan evaluasi kinerja OPD.

8. Kepada OPD yang punya peluang anggaran dari pusat harus menjemput bola dan jangan menunggu bola, kabupaten lain bisa kenapa kita tidak bisa, kedepannya harus ada peningkatan.

“Demikian beberapa catatan strategis yang tertuang dalam rekomendasi DPRD kepada pemerintah daerah yang merupakan rangkaian dari berbagai aspirasi, informasi, serta evaluasi dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah Kabupaten Bungo,” tegas Marwansyah.

Rapat paripurna di hadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Bungo, Pimpinan dan anggota DPRD, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Bungo, Ketua Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama, Para Kepala Dinas, serta para Camat.

Reporter : Ares Sandra

Komentar

News Feed