Pantau Situasi Terkini Gunung Kerinci, Bupati Kerinci Datangi Pos Pemantau Gunung Api

Titik Kerinci24 Dilihat
Share

KERINCI – Bupati Kerinci Adirozal, pada Selasa (01/11/2022) kemarin melakukan pemantauan dan koordinasi dengan petugas Pos Pemantauan Gunung Api (PPAG) di Kayu Aro, terkait dengan meningkatnya aktivitas Gunung Kerinci beberapa minggu terakhir ini.

Dalam pemantauan ini, hadir juga Dandim 0417/Kerinci, Letkol Inf Ikhsanudin S.Sos.M.M, Kapolres Kerinci, Sekretaris Daerah (Sekda) Kerinci, Zainal Efendi, SP. M.Si dan Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kerinci, Darifus.

Laporan Petugas Pos Pemantau Gunung Api tertanggal (30/10/2022) ke Magma Indonesia menuliskan untuk cuaca terlihat cerah hingga hujan, angin lemah hingga sedang ke arah timur laut. Suhu udara sekitar 18-24°C. Kelembaban 67-71%.

Sedangkan pengamatan Visual, Gunung api terlihat jelas hingga tertutup Kabut 0-III. Teramati asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas tipis tinggi sekitar 100 meter dari puncak.

“Untuk pengamatan Kegempaan, ada 54 kali gempa Hembusan dengan amplitudo 0.5-7 mm, dan lama gempa 10-25 detik. 1 kali gempa Tektonik Jauh dengan amplitudo 12 mm, S-P tidak teramati dan lama gempa 27 detik dan 1 kali gempa Tremor Menerus dengan amplitudo 0.5-2 mm, dominan.

Baca Juga :  Wabup Ami Taher Pimpin Apel Peringatan HUT Provinsi Jambi ke-63

Bupati Kerinci Adirozal juga menjelaskan,untuk saat ini kondisi Gunung Api Kerinci dalam keadaan normal berada di Level 2 atau waspada,masyarakat beraktivitas seperti biasa serta jangan sampai termakan atas informasi yang tidak benar jika tidak dari informasi yang berkompeten.

“Aktivitas Gunung Api Kerinci yang mengeluarkan asap hitam pekan beberapa pekan yang lalu itu memang hal yang biasa terjadi,masyarakat di minta tidak perlu kwatir,menunggu informasi resmi dari petugas pemantau Gunung Api Kerinci,” Ujar Bupati Kerinci.

“Untuk saat ini kondisi Gunung Api Kerinci sudah berangsur membaik,dari hari- hari sebelumnya” Pungkasnya Bupati Kerinci.(Sep)

Komentar