oleh

Serahkan Bantuan Kemensos RI, Dinsos Batanghari Minta Sanggar Lestarikan Budaya Lokal

Share

Batanghari – Guna melestarikan budaya kearifan lokal, Kementrian Sosial RI memberikan bantuan penguatan kearifan lokal sebesar Rp 50 juta kepada Sanggar seni Serai Serumpun, Desa Simpang Terusan Kecamatan Muarabulian Kabupaten Batanghari, Jambi.

Selanjutnya, uang itu oleh pengurus sanggar diwujudkan dengan pembelian alat kompangan serta Seragam, Baju Tari Lengkap, dan soundsystem.

Kepala Dinas Sosial Fauzan Azhari melalui Kabid Perlindungan, mengatakan bantuan yang di berikan diharapkan dapat menggali potensi pemuda yang berminat di bidang budaya lokal.

Dilanjutnya lagi, Dengan kearifan lokal yang diharapkan dapat melibatkan anak muda dan mampu mengurangi kenakalan remaja, memupuk silaturahmi, kebersamaan  keutuhan, dan menggali nilai nilai luhur kearifan kebudayaan adat istiadat yang hampir punah.

“Intinya bantuan ini untuk mengangkat nilai nilai kearipan lokal yang ada di daerah, agar jangan sampai punah dan memupuk persatuan dan gotong royong yang hampir punah,” katanya saat dijumpai diruangannya Rabu (16/9/2020)

Sementara itu, Furqon Selaku Ketua Sanggar mengucapkan banyak terimakasih kepada Kemensos RI khusunya Dinas Sosial Kabupaten Batanghari yang telah membantu segala proses pengajuan dan membimbing sanggar Serai Serumpun untuk  memugarkan alat-alat dan seragam di sanggarnya.

“Kami ucapkan banyak terimakasih, juga telah mendukung penuh dan dengan bantuan ini kita akan memanfaatkannya sebaik mungkin,” kata Furqon

Furqon juga  menambahkan pihaknya optimis dengan alat-alat baru akan membuat kegiatan yang melestarikan kearifan lokal tersebut semakin optimal.

“Saya yakin sanggar yang melibatkan pemuda sekitar pasti akan berjalan semakin optimal dan menambah antusias pemuda yang ikut dalam kegiatan sanggar,” lanjut dia. (Putra)

Komentar

News Feed