oleh

Tiga Sumber Mata Air PDAM Tirta Khayangan Mengalami Penyusutan, Aliran Air Kerumah Warga Bergilir

Share

Sungai Penuh – Memasuki musim kemarau, PDAM Tirta Khayangan Kota Sungai Penuh kekurangan sumber bahan baku air bersih, yang akan di aliri ke rumah warga.

Pasalnya hingga saat ini tiga aliran sungai yang menjadi andalan penyuplai kebutuhan bahan baku bagi PDAM Tirta Khayangan mulai mengelami penyusutan yakni Sungai Batang marao, Sungai Batang Sangkir dan Sungai Ampuh.

Al hasil untuk mengantasi permasalahan tersebut agar setiap pelanggan PDAM tetap mendapatkan suplai air bersih, maka PDAM Tirta Khayangan terpaksa memberlakukan  bergiliran menyuplai aliran air masuk kerumah pelanggan.

Hal ini sebagai mana disampaikan Kabag Air Minum PDAM Tirta Khayangan Kota Sungai Penuh, Safrial, mengatakan  persoalan ini telah berlangsung selama 2 Minggu belakangan.

“Sudah dua Minggu ini kita mengalami penurunan debit air yang masuk ke PDAM Tirta Khayangan akibat dari musim kemarau, sehingga distribusi air ke rumah pelanggan agak terganggu,” kata Safrial, Selasa (11/8/2020)

Untuk mengatasi permasalahan ini, pihaknya melakukan pengaliran air secara bergiliran. “Untuk saat ini bergiliran, satu hari hidup, dua hari mati,” tambahnya.

Untuk antisipasi kedepannya, hari ini pihaknya melakukan survei sumber air baru di daerah Bukit Tapan Kota Sungai Penuh, di harapkan  lokasi yang baru di survei ini bisa bantu pihak PDAM untuk mendpatkan bahan baku air bersih.

“Tadi pagi tim survei kami bersama kehutanan dan TNKS meninjau untuk survei sumber air baru di daerah Bukit Tapan dalam wilayah TNKS, kita harapkan itu bisa menjadi solusi agar pasokan air ke pelanggan bisa teratasi,” jelasnya.

“Kami berharap kepada pelanggan kami, apabila air tidak masuk sementara sangat dibutuhkan, bisa menghubungi kami untuk mendistribusikan air bersih kerumah dengan 2 unit Tanki air yang kamiiliki,” tutupnya. (Sep)

Komentar

News Feed