Wagub Sani : Ponpes Tarbiyatul Ummah Telah Banyak Berkontribusi Dalam Membentuk Akhlak dan Akidah Generasi Muda Jambi

Share

Jambi – Wakil Gubernur Jambi Drs. H. Abdullah Sani, M.Pdi mengucapkan terima kasih atas kiprah Pondok Pesantren Tarbiyatul Ummah yang telah berkontribusi di dunia pendidikan Provinsi Jambi, khususnya pendidikan keagamaan yang merupakan pondasi utama dalam membentuk akhlak dan akidah generasi muda Provinsi Jambi. Demikian disampaikan Wagub saat menghadiri Tahsyakuran Khotmil Qur’an Wal Kutub Pondok Pesantren Tarbiyatul Ummah, bertempat di Desa Ladang Panjang Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi, Sabtu, (24/06/2023) malam.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Jambi saya mengucapkan terima kasih kepada pimpinan Pondok Pesantren Tarbiyatul Ummah dan seluruh perangkatnya serta para santri yang ikut kegiatan ini, yang bertujuan untuk melestarikan budaya baca Al-Qur’an dikalangan umat muslim khususnya masyarakat Provinsi Jambi dan sekitarnya. Kegiatan ini sudah berkembang dan ini sejalan dengan Visi Misi Jambi MANTAP, salah satunya program ikut mempercepat meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM). Kita bersama-sama meningkatkan SDM agar semua aspek kehidupan bisa berjalan dengan baik, ” ucap Wagub Sani.

“Saya bangga atas terlaksananya kegiatan Tasyakuran Akhirussanah dan Khotmil Qur’an Wal Kutub hari ini, karena saya yakin ini adalah bagian dari proses panjang serta komitmen dari seluruh pihak pendidik, para santri dan orang tua dalam menumbuhkan generasi penerus bangsa yang cerdas secara intelektual dan menjadi penebar manfaat bagi lingkungan sekitar,” sambung Wagub Sani.

Wagub Sani mengungkapkan, ketulusan dan keikhlasan Ustad/Ustadzah serta seluruh pengurus Ponpes Tarbiyatul Ummah dalam mendidik dapat menciptakan generasi muda yang memiliki masa depan yang Islami, hingga mereka tumbuh menjadi pencinta Qur’an dan Hadist Nabi. “Khotmil Qur’an hari ini juga menjadi momen yang tepat bagi kita semua untuk mengintrospeksi diri sendiri dan selalu memuliakan Al-Qur’an dengan cara Tahsdiiq (Imani), Tilawah (Baca), Tahsin (Mempelajari Tajwid), Tadabbur (Merenungkan dan Memahami), Tahfiz (Menghafal dan Murojoaah), hingga Tathbiq (Mengamalkan),” ungkap Wagub Sani.

Wagub Sani berharap eksistensi Pondok Pesantren Tarbiyatul Ummah kedepannya dapat terjaga dalam melakukan pembinaan dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia yang beriman, bertaqwa dan ber-akhlakul karimah serta berilmu pengetahuan. “Kepada anak-anakku teruslah melestarikan dan mengamalkan nilai-nilai Al-Qur’an dikehidupan sehari-hari dan tidak berhenti untuk terus semangat mengaji serta menghafal Al-Qur’an. Semoga ananda semua menjadi khalifah yang akan membawa perubahan positif kepada daerah yang kita cintai yakni Provinsi Jambi, dan semakin banyak hafidz/hafidzah yang tercipta dari Ponpes Tarbiyatul Ummah ini,” harap Wagub Sani.

Baca Juga :  Profesionalisme dan Core Value Kunci Sukses Pembangunan Jambi Mantap

Wagub Sani juga mengajak semua yang hadir untuk senantiasa memperkuat rasa persaudaraan diantara sesama dan memperbaharui semangat untuk meningkatkan iman, cinta kasih dan toleransi antar umat beragama. Jadikan ajaran agama dan nilai-nilai Al-Qur’an yang merupakan pedoman hidup untuk tetap bersikap arif dan bijaksana, terlebih menanggapi pihak-pihak yang ingin memecah belah antar umat beragama.

“Marilah untuk senantiasa menerapkan sifat-sifat terpuji dari junjungan kita Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari dengan mentauladani karakter akhlaqul kharimah, uswatun hasanah, istqomah, qona’ah, amanah dan melaksanakan syariat Islam berdasarkan Al-Quran dan hadist,” ujar Wagub Sani.

“Selamat kepada anak-anakku. Semoga dapat bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga maupun daerah. Tetap jaga hafalan dan terus meningkatkan pengetahuannya tentang agama Islam,” pungkas Wagub Sani.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pondok Pesantren Tarbiyatul Ummah Ahmad Asrori menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Wakil Gubernur Jambi H. Abdullah Sani berserta rombongan di Pondok Pesantren Tarbiyatul Ummah Desa Ladang Panjang. “Kami merasa bahagia dan senang karena dihadiri Wakil Gubernur Jambi dan rombongan dari Provinsi Jambi. Juga masyarakat Desa Ladang Panjang sudah memenuhi tempat acara kita ini dengan hati yang senang. Buktinya, acara ini ramai sekali dan penuh,” katanya.

Acara ini juga diisi dengan tausiah yang disampaikan oleh KH. Mahmudi Amam (Pengasuh Pondok Pesantren Rohmatul Ummah dari Kudus, Jawa Tengah).

Turut mendampingi Wagub Sani pada kesempatan ini Sekda Kabupaten Muaro Jambi Budi Hartono, Kasad Pol. PP Provinsi Jambi Rahmad Hidayat, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jambi Agus Rizal serta Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jambi Sardaini. (tj)

Komentar