oleh

Warga Perumahan Permata Ungu II, Perbaiki Tanggul Antisipasi Banjir Rob.

Share

Tanjab Barat-, Sebagai salah satu upaya untuk mengatasi banjir rob atau meluapnya air laut kedaratan permukiman warga, Masyarakat perumahan Permata Ungu II Manunggal II RT 23 Kelurahan Tungkal II, Kecamatan Tungkal Ilir secara swadaya memperbaiki tanggul penahan air yang jebol, Minggu (22/11).

Salah satu warga, Hidayat Samin yang juga ketua keamanan Poskamling Perumahan Permata Ungu II, menjelaskan kegiatan perbaikan Tanggul yang dilaksanakan dengan Gotong Royong secara swadaya tersebut merupakan wujud kekompakan warga Perumahan Permata Ungu II untuk menciptakan kenyamanan dan kebersihan lingkungan.

“Kita menggunakan alat dan material seadanya, untuk biayanya kita menggunakan Kas Poskamling Perumahan Permata Ungu II hasil dari iuran warga sini,” ungkap Hidayat Samin.

Selain itu menurut Hidayat pihaknya juga tidak memaksakan warga untuk harus ikut gotong royong, karena dengan saling mengerti antara sesama warga sehingga kekompakan dan silaturahmi tetap selalu terjaga.

“Tidak ada paksaan untuk harus ikut Gotong Royong, bagi yang ada waktu saja, karena kita juga memahami ada warga yang sedang kerja. Kita hanya meminta saling mengerti, bagi yang ada waktu silahakan ikut gotong royong, bagi yang berhalangan juga ikut mensuport dan menitipkan snack. Ini juga untuk kebaikan dan kenyamanan lingkungan kita bersama,” jelas Hidayat.

Pantauan dilapangan, tampak belasan warga Perumahan Permata Ungu II bahu-membahu dengan riang gembira bekerja saling membantu satu sama lainnya untuk memperbaiki tanggul parit yang jebol secara swadaya.

Sementara warga lainnya, Zainuddin mengatakan dengan memperbaiki tanggul yang jebol merupakan salah satu upaya masyarakat setempat untuk mencegah banjir karena meluapnya air dari sungai, menjelang ada perbaikan yang dilakukan oleh pemerintah Daerah.

“Ya harapan kita dari Pemerintah daerahlah yang membangun atau memperbaiki tanggul, agar setidaknya bisa mengurangi banjir terutama saat air pasang,” harap Udin diamini warga lainnya.

Reporter ; Ipandri Arahman Hadi

Komentar

News Feed