oleh

192 CJH Batanghari Batal Berangkat Haji, Sedangkan di Daftar Tunggu 6000 Jamaah

Share

Batangahri – Calon Jemaah Haji (CJH) dari Indonesia pada tahun 2021/1442 H telah resmi dinyatakan Batal Berangkat oleh Kementraian Agama (Menag), keputusan pembatalan keberangkatan jemaah Indonesia diatur dalam Keputusan Menteri Agama RI Nomor 660 Tahun 2021 yang ditetapkan pada 3 Juni 2021.

Dalam surat keputusan tersebut, ada sejumlah pertimbangan yang menjadi dasar pemerintah membatalkan pemberangkatan jemaah haji.

“Di Tahun ini untuk Kabupaten Batanghari yang telah lunas secara administrasi, dan rencana diberangkatkan ada 192 Jama’ah,” Jelas Kasi Haji, Helmi. S, Ag di kantornya pada Selasa (08/06/2021).

Sepanjang tahun 2021 ini, warga yang telah mendaftar menjadi jama’ah baru berjumlah 147 jama’ah.

“Terhitung dari tahun 2011 lalu jumlah keseluruhan Jama’ah haji yang telah masuk di daftar tunggu berangkat yakni berjumlah hampir 6000 jama’ah,” lanjut Helmi.

Dirinya juga menambahkan, Uang yang dapat diambil kembali, bagi Jama’ah yang telah lunas hanya uang pelunasan saja yakni sebesar Rp 7 juta rupiah.

Dia juga menambahkan, sejak tahun lalu hingga saat ini belum ada konfirmasi dari jama’ah yang mau mengambil kembali uang pelunasan yang telah disetorkan.

“Total keseluruhan biaya keberangkatan ibadah haji yakni Rp 32 juta lebih, untuk setoran awal pendaftaran Jama’ah yakni sebesar Rp 25 juta rupiah,” Paparnya.

Dirinya juga berharap kepada seluruh Jama’ah haji harap bersabar dikarenakan demi keselamatan dan kesehatan kita bersama dari wabah penyakit Covid-19.

“Kita sama-sama berharap semoga wabah Covid-19 ini cepat berakhir, sebab kasihan jama’ah yang telah lama mengantri,” Harap Helmi

Reporter : Rendi Andani

Komentar

News Feed