oleh

Dari 141 Dusun, Baru 22 Dusun di Bungo yang Sudah Cair Dana Desa Tahun 2021

Share

Muara Bungo – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi menyebutkan saat ini baru ada 22 Dusun yang sudah cairan Dana Desa, 18 baru tahap pengajuan pencairan. Selasa (16/03).

Kadis PMD Taufik Hidayat,S.E mengatakan anggaran dana desa tahun 2021 sesuai petunjuk dari permendes tahun 2020 tentang prioritas penggunaan dana desa sudah ada beberapa Dusun yang cair.

“Dari 141 Dusun baru 22 Dusun yang sudah cair, dan 18 Dusun dalam tahap pengajuan pencairan, tahun ini terdapat beberapa ketentuan. Karna berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yang mana untuk BLT wajib di bayar selama 12 bulan,” terang Kadis PMD

Kemudian Kadis PMD juga menyampaikan semua Dusun yang sudah melakukan pencairan dana BLT nya di potong langsung lebih kurang 5 bulan.

“Artinya dana tersebut masuk ke rekening KPPN nanti di transfer perbulan ke rekening Dusun masing-masing,” tambah Taufik

Lebih lanjut Taufik menjelaskan berhubung sekarang masih pandemi covid-19 Mentri Dalam Negri dan Bupati Bungo sudah mengeluarkan Surat Edaran (SE) tentang penangan covid-19.

“Surat edaran ini wajib hukumnya setiap dusun menganggarkan 8 persen untuk penangan covid. mulai dari pencegahan, pembuatan posko, panangan pasca atau yang sedang terkena covid dan lain-lainnya,” jelas kadis

Dia juga menghimbau 101 Dusun yang belum mengajukan pencairan agar segera mengajukan pencarian DD, untuk diproses sehingga nantinya bisa digunakan untuk keperluan penanganan COVID-19. Terutama penyaluran BLT dan kegiatan pembangunan lainnya.

Reporter : Ares Sandra

Komentar

News Feed