oleh

Hadiri Tanam Perdana Komuditas Padi SLI, H Bakhtiar: Mari Kita Jaga Keseimbangan Ekosistem

Share

Batanghari – Bertempat di Maro Sebo Ilir tepatnya di Desa Danau Embat, Wakil Bupati Batanghari H Bakhtiar, SP hadiri Tanam Perdana Komunitas Padi Sekolah Lapangan Iklim Operasional Kabupaten Batanghari, Senin (21/06/2021).

Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Balai wilayah II BMKG pusat Hendri Nugroho, ST, M.Si secara virtual, sekaligus ditandai dengan penanaman benih padi yang dilakukan Wakil Bupati Batanghari beserta rombongan.

Sekolah Lapang Iklim (SLI) sendiri merupakan bentuk dukungan dari BMKG terhadap sektor pertanian, dengan tujuan untuk meningkatkan wawasan para petani tentang informasi iklim dan cuaca BMKG.

Sebagaimana dipahami keberhasilan bidang pertanian akan dipengaruhi juga beberapa faktor antara lain bibit yang digunakan, sistem pengolahan tanah dan sistem pengairan serta kondisi iklim.

Hadir juga, Kepala Stasiun Klimatologi Kelas IV Muaro Jambi, Rudi Annuar Yudha Trisaputra.SP, Kepala Dinas Tanaman Pangan Dan Holtikultura Kabupaten Batanghari, Kepala Stasiun Klimatologi Sultan Thaha, dan Para undangan lainya.

Dalam sambutannya Wakil Bupati menyampaikan, agar masyarakat bersama – sama dengan pemerintah untuk dapat melestarikan sumber daya alam yang dimiliki saat ini.

”Mari kita bersama-sama untuk menjaga keseimbangan ekosistem, dan memanfaatkan sebaik-baiknya serta bijak dalam mengelola Sumber daya Alam,” Ujarnya.

Selanjutnya, pada program kerja Bupati dan Wakil Bupati Batanghari saat ini salah satu diantaranya akan mempercepat pembangunan dibidang Pertanian dan Ketahanan Pangan.

”Semoga tanaman padi di Tahun 2021 ini, lebih baik dan bisa kita manfaatkan sebaik mungkin, karna beras merupakan sumber makanan pokok kita,” Harap Bakhtiar.

Tak hanya itu, dengan adanya program SLI ini diharapkan dapat menimbulkan Petani yang cerdas iklim, panen berkualitas tiap musim diwilayah Kabupaten Batanghari.

”Para petani yang hebat dan tangguh teruslah berjuang menyelamatkan ekonomi bangsa di tengah pandemi Covid-19 ini,” Tutup Wakil Bupati.

Reporter : Rendi Andani

Komentar

News Feed