Jelang Ramadhan, Muda Mudi Dusun Tenam Kompak Gotong Royong Bersih Makam

Titik Bungo635 Dilihat
Share

Muara Bungo – Menyambut bulan suci Ramadhan ada banyak tradisi dilakukan warga, salah satunya bersih-bersih pemakaman.

Di Dusun (desa) Tenam Kecamatan Tanah Sepenggal Kabupaten Bungo misalnya, puluhan Pemuda dan Pemudi bersama-sama membersihkan makam orang tua dan leluhur di Tempat Pemakaman Umum setempat, Minggu (19/3/2023).

Bagi warga Dusun Tenam, bersih-bersih makam dan ziarah kubur itu bertujuan untuk mengingat keluarga maupun leluhur yang sudah meninggal dunia.

Rio (kades) Dusun Tenam, Mohd Dalin menuturkan bahwa kegiatan ini rutin dilakukan oleh warga Dusun Tenam ketika menjelang bulan suci Ramadhan.

“Kebersamaan ini sebagai bukti kalau kita masih ingat dan menghargai mereka yang sudah tiada,” ucapnya.

Ia juga menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut sudah menjadi tradisi turun temurun sejak dahulu. “Kegiatan kerja bakti ini rutin dilakukan warga, biasanya dilakukan seminggu menjelang ramadhan,” jelasnya

Pengamatan Portal Titikjambi.com, diadakannya membersih pemakaman ini karna warga Dusun Tenam sejak masuk bulan Ramadhan sudah ada melakukan ziarah kubur, hingga pada saat hari raya (lebaran) idul fitri.

Baca Juga :  Hadapi Qualifikasi Pra PON XX di Papua, ESI Bungo Akan Gelar Seleksi Atlet Free Fire

Saat bersih-bersih makam, terlihat sejumlah muda mudi membawa peralatan seperti parang, cangkul serta sapu lidi yang digunakan untuk membersihkan areal makam.

Mereka tampak kompak dan semangat, ada yang membersihkan rumput, memotong dan juga merapikan tanaman yang tumbuh liar di areal makam. Rumput yang sudah dibersihkan lalu dikumpulkan menjadi satu.

Penulis : Ahmad Pudaili

Komentar