Jelang Ramadhan, Pemuda Pemudi Desa Tenam Kerja Bhakti Bersih Tempat Pemakaman Umum

Titik Bungo1394 Dilihat
Share

Muara Bungo – Muda-mudi Desa Tenam, Kecamatan Tanah Sepenggal, Kabupaten Bungo ramai-ramai melakukan gotong royong membersihkan Tempat Pemakaman umum (TPU) Minggu (3/3/2024) sore.

Diantara tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk menjaga kebersihan lingkungan makam. Sehingga nanti masyarakat dapat melakukan Berziarah dengan aman dan tenang.

Hambali, selaku ketua Pemuda menjelaskan,Tradisi “Bersih” sendiri memang biasanya dilakukan warga pada bulan Sya’ban. Rangkaian kegiatannya meliputi ziarah makam, mendoakan arwah, serta membersihkan area makam leluhur masing-masing.

“Dalam Tradisi Bersih Bersih merupakan sebuah manifestasi perintah agama yang mengajarkan manusia untuk selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Karena kebersihan merupakan sebagian dari Iman.” Ucap Hambali, Minggu (03/03/24)

Menurutnya, dengan dibersihkan secara berkala, kesehatan lingkungan makam akan tetap terjaga. Bersih juga bisa menjadi sarana bagi deteksi dini terjadinya pencemaran yang bersumber dari lingkungan makam. Seperti kebocoran makam yang bisa mengakibatkan pencemaran yang membahayakan kesehatan masyarakat.

“Sehingga setelah dari bulan Rajab hingga bulan Sya’ban melakukan bersih lingkungan, dilanjutkan pada bulan Ramadhan dengan upaya pembersihan hati, maka pada bulan Syawal diharapkan ummat Islam datang dengan kemenangan, yakni mencapai kesucian diri dan kejernihan hati,” Tutupnya disempurnakan dengan saling bermaaf-maafan antara sesama umat manusia tanpa memandang suku, bangsa, ras dan agama.

Baca Juga :  Mempererat Silaturahmi, Pemdus Sungai Gambir Buka Puasa Bersama Tokoh

Penulis : Ahmad Pudaili

Komentar