Pemkot Sungai Penuh Siapkan Dana 25 Milyar Tangani Dampak Covid-19

44

Sungai Penuh – Pemerintah Kota (Pemkot) Sungai Penuh telah menyepakati melakukan realokasi dan refocusing anggaran untuk penanganan wabah Corona virus disease atau Covid-19. Anggaran yang akan digelontorkan Pemkot Sungai Penuh Rp 25 milliar yang diambil dari APBD Kota Sungai Penuh.

“Alhamdulillah refocusing anggaran yang kita sepakati setelah melalui pembahasan sebesar Rp 25 Milliar untuk penanganan wabah Covid-19 ini,” kata M Rasyid juru bicara tim gugus tugas covid-19 Pemkot Sungai Penuh.

Anggaran Rp.25 Milliar tersebut kata M Rasyid, nantinya akan dipergunakan untuk menangani dampak penyebaran virus corona ini. Penggunaanya dialokasikan untuk tiga sektor, salah satunya untuk bantuan masyarakat. “Tentu yang pertama di sektor kesehatan, ekonomi dan sosial. Anggaran ini dipergunakan ke tiga sektor ini,” sebutnya.

Dana Rp.25 milliar ini diperoleh dari pergeseran beberapa kegiatan yang tidak mungkin dilaksanakan atau juga tidak efektif dilaksanakan selama masa tanggap darurat Corona ini. Kegiatan tersebut antara lain seperti perjalanan dinas dan biaya makan minum.

“Ada beberapa kegiatan yang digeser seperti kegiatan tidak mungkin efektif semisal perjalanan dinas, kegiatan kepelatihan, belanja modal ataupun keprotokolan yang tidak mungkin diselenggarakan selama masa Corona ini. Hasil ini akan kita laporkan ke Kemenkeu dan akan dijabarkan nantinya dalam Perwako,” ungkapnya.

Baca Juga :  Jalin Silaturahmi, Pecinta Merpati Gelar Event Kolongan

Jubir tim gugus tugas Covid-19 menyebut implementasi dari realokasi anggaran ini akan secepatnya dilaksanakan. Kegiatan yang dilaksanakan dilakukan secara bertahap. Apabila dirincikan, maka tentu porsi realokasi anggaran ini sangat berfokus pada sektor kesehatan dan ekonomi masyarakat.

M Rasyid menyebutkan untuk sektor kesehatan akan digunakan untuk pencegahan dan penanganan masyarakat yang terjangkit covid-19. Sedangkan untuk ekonomi, Pemkot Sungai Penuh akan membantu masyarakat yang tidak bisa bekerja karena terdampak covid-19. “Untuk Pemerintah pusat telah membantu Rp 200 ribu per KK dan nanti Pemkot akan membantu beras 12 kg/per kk,” jelasnya.

Pemberian bantuan ini akan diserahkan langsung Walikota Sungai Penuh, Asafri Jaya Bakri (AJB) secara simbolis diruang pola kantor walikota Sungai Penuh ke perwakilan masyarakat.

“Bantuan ini akan diserahkan secara simbolis kepada masyarakat pada tanggal 20 April 2020 mendatang, mudah-mudahan dengan adanya bantuan ini, bisa membantu meringankan masyarakat Sungai Penuh dalam menghadapi wabah virus corona ini,” pungkasnya. (Sep)

Facebook Comments