oleh

Peringati Hari Lahir Pancasila, Wabup Mengajak Tanamkan Jiwa Pancasila di Hati

Share

Muara Bungo – Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat Indonesia hari ini tetap bisa melangsungkan peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2020 di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Namun, untuk tahun ini, peringatan Hari Lahir Pancasila berbeda dengan tahun sebelumnya, yang mana upacara memperingati hari lahir Pancasila di gelar secara virtual.

Tampak hadir Wakil Bupati Bungo H.Safrudin Dwi Aprianto.,S.Pd unsur Forkompinda Bungo, kepala OPD di Lingkup Kabupaten Bungo, dan para Kabag.

Ada sejumlah poin penting dalam pelaksanaan peringatan Hari Lahir Pancasila 2021 – yang bertema “Pancasila Identitas Nyata Bangsa Indonesia”.

Kendati pandemi masih berlangsung dan 1 Juni merupakan tanggal merah, semua pejabat dan pegawai dari Kementerian/Lembaga, instansi pemerintah pusat maupun daerah, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri – baik dari kantor, ruang kerja/rumah/tempat tinggal masing-masing – wajib mengikuti jalannya Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia Pidato ini disiarkan langsung di stasiun televisi swasta.

Wakil Bupati Bungo H. Safrudin Dwi Aprianto.,S.Pd beserta unsur Forkompinda, kepala OPD, para Kabag mengikuti dan menyimak acara Hari Lahir Pancasila secara Virtual di Ruang Kerja Wakil Bupati Bungo, Selasa (01/06/2021)

Namun, meski lewat video conference, inti peringatan upacara Hari Lahir Pancasila tetap dilaksanakan, di antaranya Pidato Presiden, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dan pembacaan doa Kemudian, sesuai aturan protokol upacara, selesai upacara Wakil Bupati Bungo Beserta tamu undangan lainnya meninggalkan ruangan.

Ketika diwawancarai H.Safrudin Dwi Aprianto,S.Pd mengatakan, walaupun saat ini negara Indonesia masih di Landa pandemi covid 19, tidak memudarkan untuk tetap memeringati hari lahir Pancasila.

“Dengan bertema Pancasila Identitas Nyata Bangsa Indonesia” berarti bahwasanya Pancasila itu sebagai lambang negara rakyat Indonesia (Burung Garuda) yang butir -butirnya mempunyai lima sila,”Kata H.Safrudin Dwi Aprianto.,S.Pd.

Namun demikian kita tidak akan pernah bisa melupakan butir-butir Pancasila tersebut yang mana presiden Soekarno dulu bercucuran keringat untuk memperebutkan kemerdekaan bangsa Indonesia ini.

“Wabup berharap kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bungo, agar bisa menanamkan jiwa Pancasila didalam hati kita,”Ucap Wabup.

Reporter : Ares Sandra
Editor : Ahmad Pudaili

Komentar

News Feed