oleh

Rekrut CPNS 2021 Kabupaten Bungo Ditunda, Ini Alasannya

Share

Muara Bungo – Niat Masyarakat Kabupaten Bungo untuk mengikuti tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2021 ini terpaksa gigit jari. Pemerintah memutuskan untuk tidak melaksanakan kegiatan tersebut.

Pemerintah beralasan jika anggaran daerah tidak memungkinkan untuk melaksanakan kegiatan perekrutan CPNS. Anggaran habis di refocusing untuk Covid-19.

Kepala BPKPSDMD Bungo, Wahyu Sarjono membenarkan penundaan tersebut. Ia menyebut permintaan penundaan pelaksaan penerimaan CPNS dan PPPK sudah disampaikan ke Menpan-RB.

“Pada tanggal 11 kemarin kita sudah memohon kepada Menpan RB untuk penundaan CPNS dan PPPK Kabupaten Bungo,” ujar Wahyu.

Kesepakatan penundaan yang diambil tersebut sudah menjadi keputusan bersama Pemerintah Kabupaten Bungo.

Wahyu mengatakan penyebab utama yang membuat Pemkab Bungo melakukan penundaan tersebut karena kondisi keuangan daerah saat ini dalam kondisi tidak sehat akibat adanya refocusing anggaran.

Setiap OPD di Bungo diminta untuk melakukan pemangkasan anggara termasuk anggaran untuk penerimaan CPNS dan PPPK di BPKPSDMD.

Selain itu, Pemkab Bungo saat ini juga diminta menjalankan amanat dari BPK Provinsi atas audit tahun 2020 untuk menyehatkan APBD daerah dengan fokus kepada pengurangan defisit dan pelunasan yang tunda bayar.

“Hal ini karena kita terjadi penurunan opini dari WTP menjadi WDP. Sehingga kita diminta fokus pada penyelesaian defisit dan tunda bayar,” pungkasnya

Hal itu juga dibenarkan oleh Kepala Bidang Pengangkatan dan Pemberhentian BKPSDM Kabupaten Bungo, Ade Yusuf Abidin.

“Iya rekrutmen CPNS tahun ini ditunda,” kata Ade Yusuf Abidin.

Ade menyebutkan jika sebelumnya pemerintah daerah khususnya BKPSD Kabupaten Bungo sudah sangat siap untuk melakukan perekrutan, bahkan tinggal melakukan pengumuman saja.c

“Formasi dan berbagai macamnya sudah lengkap, hanya tinggal diumumkan ke publik. Konsep sudah siap,” kata Ade. (tj)

Komentar

News Feed