oleh

Saksikan Acara Kenduri Sko Kubang, Puluhan Penonton Kesurupan Seperti Harimau

Share

Kerinci – Perayaan kenduri sko desa Kubang Kecamatan Deputi Tujuh, kabupaten Kerinci Minggu (15/9), berjalan dengan lancar hingga selesai pembacaan doa yang di bacaan alim ulama dari desa tersebut.

Ketika penampilan tari asek yang di bawakan oleh ibuk-ibuk dari lima desa Kubang, mendadak suasana sekitar acara berubah. Banyak dari penonton kesurupan sambil menari di tengah kerumunan penonton dan ada juga yang kesurupan menyurupai harimau sambil mencakar-cakar tanah dan mengamuk.

Menurut Rinaldi, kebanyakan penonoton yang kesurupan di karenakan mencium bau kemenyan yang di bakar, ditambah lagi dikarenakan kondisi fisik yang lemah, sehingga mudah dimasuki makhluk halus.

“Saat penampilan tari asek tadi, banyak di antara penonoton yang kesurupan, kira-kira ada 10 orang lebih yang kesurupan. Tapi setelah di bacakan doa oleh tokoh masyarakat, yang kesurupan kembali sadar,” ucap Rinaldi

Rinaldi juga menambahkan acara kenduri sko di desa Kubang selalu meriah di adakan, acara sakral ini termasuk jarang di adakan.

Reporter : Asep Sanjaya
Editor : Ahmad Pudaili

Komentar

News Feed