oleh

Tiga Parpol di Bungo Mendukung Wacana Pemecahan Dapil

Share

Muara Bungo – Wacana pemecahan Daerah Pemilihan (Dapil) sepertinya mendapatkan sorotan serius dari Partai Politik (Parpol) di Kabupaten Bungo.

Wacana tersebut disampaikan oleh tiga Politisi senior yakni Martunis, Ketua PAN, dan Gusriyandi Rifa’i, ketua PDIP, dan Ayatul Farid, Ketua PPP Kabupaten Bungo.

Ketua PAN Bungo, Martunis, yang juga menjabat Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Bungo saat di wawancarai mengatakan dengan tegas bahwa PAN Bungo mendukung penuh atas wacana pemecahan dapil/penambahan dapil.

“Ya, Partai Amanat Nasional Kabupaten Bungo sangat mendukung atas adanya wacana pemecahan dapil. alasannya, dengan di pecahnya dapil maka akan tercipta pemerataan keterwakilan di legislatif mendatang,” tegas Martunis Senin (29/03)

Lanjutnya, selain terciptanya pemerataan keterwakilan juga akan mendekatkan kepada konstituen karena memperkecil daerah pemilih. “Alasan ini sangat relavan dan tidak imajinatif,” tutupnya dengan singkat

Hal senada pun juga di sampaikan oleh Gusriyandi Rifa’i selaku Ketua PDI P, yang juga anggota DPRD Kabupaten Bungo.

“Kami dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan juga mendukung penuh atas wacana tersebut, bahkan sebelum pileg 2019 kemarin kami sudah menandatangi persetujuan pemecahan dapil,” ungkap Gusriyandi Rifa’i

Banyak yang di untungkan jika dapil di pecah atau di tambahkan, karena secara otomatis jumlah kursi akan bertambah.

“Meskipun jumlah kursi tidak bertambah tapi untuk pemecahan dapil sudah sepatutnya di lakukan seperti di dapil 3 yang memiliki jumlah 12 kursi,” tutup Gusriandi Rifai.

Di susul, Ayatul Farit selaku Ketua PPP Kabupaten Bungo, ia juga menyampaikan hal yang serupa alasan PPP mendukung pemecahan dapil logikanya sangat sederhana.

“Wilayah yang sekarang itu terlalu luas sehingga keterwakilan setiap kecamatan tidak merata, maka perlu di pecahkan lagi dapil dari 4 dapil menjadi 5 dapil atau lebih,” ungkap Ayatul Farit

Reporter : Ares Sandra
Editor : Ahmad Pudaili

Komentar

News Feed