oleh

Genjot Sentra Agrowisata, Pemkab Batanghari Beri Ribuan Bantuan Bibit Buah-buahan ke Petani

Share

Batanghari – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari menyalurkan ribuan bibit buah-buahan kepada petani, dimana program ini salah satu bentuk dari dukungan pemerintah daerah terhadap pengembangan agrowisata.

Gusnel Hadi, Kepala Bidang Hortikultura Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Batanghari, mengatakan. Bantuan bibit buah-buahan yang akan disalurkan tersebut diantaranya bibit buah durian sebanyak 1.000 batang, buah jeruk 5.000 batang, lengkeng 800 batang, sawo 600 batang dan bibit buah naga 8.000 batang.

Bantuan bibit buah-buahan tersebut akan diberikan kepada kelompok tani yang memasukkan proposal bantuan bibit kepada dinas tersebut. Setiap anggota kelompok minimal memiliki lahan sendiri seluas seperempat hektar.

“Bantuan bibit buahan tersebut akan disalurkan pada triwulan ke dua tahun ini,” kata Gusnel Hadi.

Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura daerah itu terlebih dahulu akan melakukan identifikasi terhadap calon petani yang mengajukan bantuan. Sehingga sebelum bantuan tersebut diserahkan calon penerima bantuan sudah terdata.

Terdapat empat desa yang menjadi prioritas penyaluran bantuan bibit tersebut. Hal itu dikarenakan empat desa tersebut merupakan lokasi atau daerah pengembangan agrowisata diantaranya Desa Sungai Buluh, Mekar Sari Nes, Petajen dan Desa Batin.

“Khususnya bibit buah naga yang akan di salurkan di desa tersebut sedangkan bibit lainnya disebar ke daerah atau kecamatan lainnya yang ada di Kabupaten Batanghari,” kata Gusnel Hadi. (Adi)

Komentar

News Feed