oleh

Geopark Merangin Dapat ‘Suntikan’ Rp 14 M

Share

“Untuk Penataan dan Infrastruktur dari Pemerintah Pusat”


Merangin – Pemerintah Kabupaten Merangin semakin serius dalam mengembangkan kawasan Geopark Merangin. Keseriusan itu ditunjang dengan bakal mengalirnya dana pusat sebesar Rp 14 M untuk Geopark.

Hal tersebut tersirat pada pertemuan Bupati Merangin H Al Haris bersama Wabup H Mashuri dengan tim dari Balai Prasarana Permukiman wilayah Jambi, yang sengaja datang ke Merangin pada Rabu (12/6).

‘’Jadi pada 2019 ini, ada dua kegiatan pembangunan yang akan kita dilakukan untuk kawasan Geopark Merangin,’’ ujar Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jambi, Azna Legawaty.

Pertama jelas Azna Legawaty saat bincang-bincang usai jamuan makan malam di Rumah Dinas Bupati Merangin pada Rabu malam (12/6), akan dilakukan penataan kawasan Geopark yang sekarang sedang proses lelang.

Untuk penataan kawasan Geopark Merangin, termasuk pembangunan Rest Area di Desa Air Batu dananya Rp 10,5 miliar. Kedua kegiatan Pembangunan infrastruktur kawasan strategis kabupaten yang dananya Rp 3,8 miliar.

Dana sekitar Rp 14 miliar itu terang Azna Legawaty, bersumber dari Pemerintah Pusat yang digelontorkan melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jambi.

Sementara itu Bupati Merangin H Al Haris dan Wabup H Mashuri, menyambut gembira bakal mengalirkan dana untuk Geopark Merangin tersebut. Dijelaskan bupati, Geopark Merangin telah masuk Geopark Nasional pada 2014 lalu.

‘’Kita akan terus membenahi Geopark Merangin, dahulu Zona Geopark Merangin itu sangat luas, mulai dari Kerinci sampai Sarolangun. Sekarang Zona Geopark Merangin itu, diperkecil hanya ada di kawasan Merangin,’’ jelas Bupati.

Pada 2015 lalu terang bupati, telah dicoba menyusun master plane Geopark Merangin. Bupati juga telah minta Pemerintah Pusat untuk berbagi tugas dalam pengelolaan Geopark Merangin tersebut.

‘’Sekarang ini struktur Geopark itu telah mengalami perubahan, dimana banyak Kementrian yang terlibat dalam Geopark tersebut. Keberadaan Geopark juga sudah dilindungi oleh negara,’’ terang Bupati.

Bupati mengaku sangat bersyukur, karena pada 2019 ini sudah mulai ada kegiatan Pemerintah Pusat dalam mengembangkan Geopark Merangin, tinggal Pemkab Merangin yang mensuport apalagi yang bisa ditambah.

‘’Tentu ini awal yang baik bagi kami. Pemkab Merangin pada bulan ini bekerjasama dengan para pencinta alam, akan mengadakan lomba lintas alam Geopark Merangin dan temu penyair se-Asia Tenggara,’’ ujar Bupati.

Bupati berharap kedepannya, bakal ada lokasi-lokasi fosil yang butuh tempat pengamanan dari kejahatan. Terlebih saat ini sudah ada kerjasama dengan IPDN dalam percepatan Geopark menuju pengakuan dunia dengan melakukan penelitian.

‘’Kita memiliki tiga rencana kerja untuk Geopark Merangin ini. Pertama melakukan penataan dan pembangunan kawasan Geopark Dusun Air Batu, kedua Muara Mengkaring dan ketiga Geopark Teluk Wang Sakti,’’ jelas Bupati lagi.

Reporter : Tri Mulyadi
Editor : Ahmad Pudaili

Komentar

News Feed