oleh

Ini Bukti HAMAS-APRI Mampu Bawa Dana Pusat ke Bungo

Share

Muara Bungo – Pasangan Calon Bupati Bungo nomor urut 2, H. Mashuri dan H. Safrudin Dwi Aprianto (HAMAS-APRI) terbukti mampu membawa dana pusat ke daerah. Itu setelah melihat keberhasilan program Bungo Maju dan Sejahtera (MASTER) empat tahun terakhir.

Pembangunan tiga gedung tiga lantai di RSUD H Hanafie Muarabungo melalui dana APBN adalah salah satu bukti nyata. Lalu juga ada dua duplikat jembatan yang membentangi dua sungai besar di Kabupaten Bungo. Yaitu duplikat jembatan batang Bungo dan jembatan batang Tebo. Keduanya menjadi jalur penghubung yang sangat penting dan central di bumi langkah serentak limbai seayun.

Termasuk yang dinilai prestisius adalah pembangunan turab di Tanjung Gedang. Proyek itu akan menyulap kawasan Tanjung Gedang sebagai kawasan wisata baru, mirip dengan Ancol Jambi.

“Saya rasa tiga proyek besar itu adalah bukti HAMAS-APRI mampu membawa dana pusat ke daerah,” kata Ketua Komisi III DPRD Bungo Darwandi.

Mampu membawa dana pusat ke daerah sambung Darwandi memang menjadi indicator keberhasilan pemimpin daerah. Sebab, membangun tak hanya bisa mengandalkan minimnya APBD.

“Kabupaten Bungo tak akan mampu hanya mengandalkan APBD. Jadi Bupati dan Wakil Bupati bawak dana pusat ke daerah. Itu hebat namanya. Nantik juga akan kita dukung dengan partai Gerindra,” ujar Darwandi yang juga politisi dari Gerindra ini.

Darwandi juga menilai HAMAS-APRI berhasil meningkatkan mutu jalan di Kabupaten Bungo. Baik itu melalui APBD yang dikelola Pemkab Bungo, maupun melalui Program Gerakan Dusun Membanguan (GDM) Rp 250 juta per dusun.

Informasi yang diperoleh, data tahun 2016 jalan permanen hanya 183 unit, namun tahun 2019 naik menjadi 188 unit. Jalan aspal tahun 2016 hanya 590,91 kilo meter (KM) di tahun 2019 naik menjadi 606, 71 KM. Jalan Kerikil tahun 2016 terdapat 148, 35 KM di tahun 2019 turun menjadi 139, 31 KM.

Jalan tanah juga terjadi penurunan, dari 62,97 KM di 2016 turun menjadi 48,50 KM di 2019. Jalan rijit beton juga luar biasa. Dari tidak ada sama sekali di tahun 2016 menjadi 7,68 KM di 2019.

“Saya rasa kalau HAMAS-APRI mengatakan kemenangannya dalam Pilkada Bungo adalah kemenangan masyarakat Kabupaten Bungo secara umum sangat wajar. Karena dia memang berhasil,” ucap Darwandi lagi.

Disisi lain kata Darwandi, HAMAS-APRI juga dinilai berhasil di bidang kesehatan. HAMAS-APRI dianggap mampu meningkatkan pelayanan kesehatan sejak awal kepemimpinannya setelah meneruskan kepemimpinan Bupati H Sudirman Zaini tahun 2016. Terbukti hingga tahun 2019, pelayanan kesehatan meningkat tajam. Baik itu jumlah fasilitas pelayanan, mutu, maupun jumlah tenaga medis. Termasuk jumlah dokter spesialis.(TMC/red)

Komentar

News Feed