oleh

Jadikan Bungo “Kiblat” Jambi Wilayah Barat, ini 3 Fokus H. Mashuri Kedepan

Share

Muara Bungo – Bupati Bungo H Mashuri (Hamas) menilai peran media sangat besar dalam pembangunan. Untuk itu dia meminta dukungan insan pers untuk mengawal pembangunan Kabupaten Bungo kedepan. Hal itu disampaikan Hamas dalam acara tasyakuran Hari Pers Nasional (HPN) yang digelar Pemkab Bungo bersama awak media, Jumat malam (12-02-2021).

“Media memberikan peran yang sangat penting. Kedepan media diharapkan bisa ambil bagian sangat penting dalam membangun Kabupaten Bungo dan Provinsi Jambi ini,” kata Hamas.

Dihadapan puluhan perwakilan media yang hadir, Hamas menyampaikan bahwa terdapat tiga fokus utama pembangunan Kabupaten Bungo lima tahun mendatang. Tiga fokus itu bertujuan menjadikan Kabupaten Bungo sebagai “kiblat” Jambi wilayah barat.

Pertama katanya, Pemkab Bungo akan mendorong Kabupaten Bungo menjadi “kiblat” Jambi wilayah barat di bidang pendidikan. Baik pendidikan tingkat dasar, menengah hingga perguruan tinggi.

Potensi itu sambungnya sudah ada. Seperti saat ini perkembangan perguruan tinggi di Kabupaten Bungo cukup baik. Baik dari sisi jumlah maupun kualitas. Seperti program studi di beberapa perguruan tinggi sudah akreditasi B.

Maka katanya hal itu akan didorong untuk lebih berkembang lagi. Termasuk pemkab Bungo akan mendorong hadirnya program Pascasarjana pada perguruan tinggi yang ada tersebut.

“Kalau orang ramai datang ke Bungo untuk kuliah. Mako UMKM akan hidup. Usaha kecil akan hidup,” ulas Hamas.

Kedua, Pemkab Bungo katanya akan didorong menjadi pusat kesehatan Jambi wilayah Barat. Hal itu saat ini juga sudah didukung oleh RSUD H Hanafie dan perkembangan rumah sakit swasta yang sangat pesat. Bahkan RSUD H Hanafie sudah naik level ke tipe B. Dan sudah menjadi rujukan Jambi wilayah Barat.

Kedepan katanya RSUD H Hanafie dan rumah sakit swasta akan didorong untuk memiliki keunggulan. Minimal satu keunggulan. Salah satu contoh katanya untuk RSUH H Hanafie bisa dikembangkan untuk memiliki keunggulan di bidan cuci darah.

“Saya sudah minta kawan-kawan di bidang kesehatan untuk ambil peran itu. Agar betul-betul menjadi “Kiblat” Jambi wilayah barat. Minimal satu bidang keunggulan,” ulas Hamas.

Ketiga kata Hamas, Kabupaten Bungo akan didorong menjadi daerah yang betul-betul nyata sebagai pusat perdagangan di Jambi wilayah barat. Potensi itu katanya sudah ada, dengan banyaknya agen produk dan memiliki gudang di Kabupaten Bungo.

Kedepan katanya Pemkab Bungo akan mendorong itu menjadi lebih bergeliat lagi dengan menyediakan tempat yang layak dan terjangkau untuk lokasi pajangan barang. Salah satu yang akan dikembangkan adalah pasar atas Muarabungo.

“Ruko banyak, tapi sewanya Rp 20, 30 hingga 40 juta. Kalau sudah 40 juta sewa tempat untuk pajangan tidak bisa berputar lagi barang dagangan itu. Maka pemerintah akan menyediakan tempat pajangan barang yang lebih murah,” ulas Hamas.

Tapi katanya untuk mewujudkan itu semua tentu tidak mudah. Dukungan semua pihak termasuk insan pers sangat penting artinya.

Demi mendukung itu, hal lain yang perlu dan akan terus ditingkatkan katanya adalah Pemkab Bungo akan terus meningkatkan mutu infrastruktur. Seperti jalan dan alat transportasi lain.

Termasuk pengembangan Bandara Muarabungo. Salah satunya peningkatan landasan pacu Bandara Muarabungo. Terbaru katanya sudah mendapat sinyal dari pemerintah pusat untuk kembali diperpanjang sekitar 400 meter di tahun depan.

“Kalau itu jadi, maka pesawat berbadan lebar akan turun. Sehingga Kabupaten Bungo betul-betul akan menjadi gerbang arus barang dan orang,” ujar Hamas yang juga mengatakan jika itu berjalan dengan baik tujuan Kabupaten Bungo menjadi Kiblat Jambi wilayah barat akan menjadi nyata dimasa mendatang. (tj)

Komentar

News Feed