oleh

Panitra MTQ Ke V Kecamatan Tanah Sepenggal Kangkangi Aturan Sendiri

Share

DUSUN TANJUNG – Musabaqoh  Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kecamatan Tanah Sepenggal yang ke V berlangsung sejak kamis tanggal 10 hingga 12 Mei 2018 di Dusun (Desa) Tanjung.

Namun, dari kemeriahan yang terlihat itu. Panitra penyelenggaraan MTQ ke V tingkat Kecamatan Tanah Sepenggal yang bertempat di Dusun Tanjung ini diduga ada permainan terhadap aturan yang sudah dibuat oleh panitra itu sendiri.

A. Kadir, Official kafilah MTQ dari Dusun Tenam mengaku dirugikan. Dikarenakan lawan dari kafilah yang ia dampingi sudah melewati umur yang sudah ditetapkan panitra.

“Jelas kami dirugikan, karna lawan dari kafilah kami umurnya jauh diatas dari yang telah ditetapkan panitra, tentu kemampuannya juga lebih dari kafilah kami,” sebut A. Kadir

Anehnya lagi tambah A. Kadir, Begitu banyak peserta yang sudah melewati umur yang ditetapkan panitra, namun tetap diterima oleh panitra, dan dari sekian yang melanggar itu malah mendapatkan juara.

“Yang menjadi pertanyaannya, apakah panitra meneliti berkas peserta yang dilampirkan akta, atau cuma syarat untuk diumumkan saja. Karna disini banyak dugaan,” tambahnya.

“Jauh hari kami sudah konsultasi sama panitra masalah umur peserta, saat itu panitra mengatakan siap memegang aturan yang ada, bahkan panitra juga akan menggugurkan bagi peserta yang melewati umur. Bukannya menggugurkan, malah peserta yang lewat umur yang dapat juara satu di beberapa cabang,” tegas A. Kadir

Muhammad Busro, S. Ag selaku ketua Panitra saat diminta keterangan mengatakan bahwa dirinya sudah memegang aturan yang ia buat. Malah ia menduga ada Official yang mendaftarkan kafilahnya menggunakan data palsu.

“Kami menerima pendaftaran kafilah sesuai berkas yang masuk, berarti bukan kami yang melanggar aturan. Bisa jadi yang mendaftar memalsukan data,” sebut Muhammad Busro saat di minta keterangan oleh sejumlah Official kafilah dari Dusun Tenam.

Ditempat yang sama, Zukriyanto selaku Camat Kecamatan Tanah Sepenggal saat diminta tanggapannya terkait ada pelanggaran terhadap aturan. Ia mengaku sudah menyarankan sebelumnya kepada panitra agar menerima peserta dari Official sesuai aturan yang sudah ditetapkan.

“Kalau itu saya tidak tahu, tapi sebelumnya sudah saya sarankan, karna kita ingin mencari bibit untuk dikirim ke tingkat Kabupaten. Nanti akan saya bahas lagi sama Panitra.” singkatnya. (Tj)

Komentar

News Feed