oleh

Pilkades Serentak di Batanghari Memasuki Tahap Verifikasi Berkas Calon

Share

Batanghari – Tahapan Pemilihan Kepala Desa (Kades) Dalam Wilayah Kabupaten sedang memasuki masa Verifikasi Berkas Bakal Calon Kepala Desa yang dimulai tanggal 19 Juni bulan lalu, dan berakhir tanggal 10 Juni 2021.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Batanghari melalui Kabid Pemberdayaan Aparatur dan Pengembangan, Edi Hardjito, SH mengatakan. Dari Delapan Kecamatan ada 62 Desa yang akan menyelenggarakan Pilkades.

“Untuk tahapan Pilkades serentak sudah berjalan sampai ke tahap¬† penelitian dan Verifikasi berkas bakal calon Kepala Desa, kegiatan ini dilaksanakan selama 20 hari,” kata Edi saat di jumpai di ruangannya Kamis (2/7/2021).

Terkait bakal calon, Edi menjelaskan latar belakang pendidikan bervariasi Mulai dari Tamatan SMA, Diploma, Hingga Sarjana. Dan teknis pemilihan dilakukan dengan Cara Manual dan E-Voting/ Elektronik.

“Untuk teknis di lapangan ada Dua, yaitu 61 Manual dan Satu desa Melakukan E-Voting yaitu Desa Bungku,” tambahnya

Untuk mengatasi mani politik di Pilkades serentak nanti, Edi berharap ada peran serta masyarakat dan Aparatur Pemerintah Desa untuk mengawasi Pilkades nantinya agar tidak terjadi money politik agar terciptanya pemilihan yang bersih, aman dan tangguh.

“Apabila di temukan salah satu kandidat yang bermain dan terbukti dengan data pendukung, maka akan di beri sanksi,” jelasnya

Adapun seleksi tambahan bakal calon Kepala Desa di Pilkades Serentak nantinya jika lebih dari Lima orang ada Empat kriteria. Pertama, dilihat dari status perkawinan maka bakal calon Kepala Desa yang sudah Kawin akan di tetapkan sebagai Calon Kepala Desa.

Kedua, dilihat dari taraf Pendidikan, Ketiga dengan Usia apabila calon Kepala Desa yang usianya lebih tua maka akan ditetapkan sebagai calon Kepala Desa dan yang terakhir Ke empat, Pengalaman kerja di Pemerintahan Desa.

Untuk diketahui, Pilkades serentak akan di gelar di Kecamatan Muara Bulian 10 Desa, Kecamatan Bajubang 5 Desa, Kecamatan Pemayung 8 Desa, Kecamatan Muaro Sebo Ilir 3 Desa, Kecamatan Batin XXIV ada 11 Desa, Kecamatan Tembesi 10 Desa, Mersam 9 Desa, dan Kecamatan Muaro Sebo Ulu 6 Desa.

Reporter : Rendi Andani

Komentar

News Feed