oleh

Support Petani Porang, Bupati Bungo Tinjau Bakal Lokasi Tanam Perdana Oleh Gubernur Jambi

Share

MUARA BUNGO – Bupati Bungo H. Mashuri didampingi Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (TPH Bun), M. Hasbi melakukan peninjauan lokasi yang bakal dilakukan penanaman perdana tanaman Porang di Dusun Simpang Babeko, Selasa (8/12/2021).

Rencana tanam perdana Porang di lokasi milik Miftahul Ikhlas itu bakal dilakukan oleh Gubernur Jambi, H. Al Haris bersama Danrem Gapu dan bupati Bungo pada awal bulan Januari 2022 mendatang.

Paul, sapaan Miftahul Ikhlas menyampaikan jika rencana tanam Perdana Porang itu dicetus bersama oleh kelompok Tani Maju Jaya Bungo. Dengan tujuan agar Porang di provinsi Jambi bisa lebih dikenal ditengah masyarakat.

“Mungkin kita belum banyak tau bahwa umbi Porang ini sangat banyak manfaat dan kegunaannya, mulai dari untuk pangan, obat-obatan bahkan untuk pembuatan komponen pesawat terbang menurut ahlinya juga bisa,” ungkap Paul.

Terkait dengan rencana penanaman perdana Porang oleh Gubernur Jambi nanti, Paul menyampaikan bahwa lahan seluas 4 hektar bisa dikatakan telah siap untuk ditanam. Saat ini hanya ada pengerjaan pematang sebelum dilakukan penanaman.

“Lokasinya bisa dikatakan sudah siap. Tadi bahkan pak bupati Bungo bersama kadis TPH Bun sudah melihat langsung persiapannya. Dan Alhamdulillah Pemkab Bungo sangat mendukung kegiatan pertanian ini,” ungkap Paul lagi.

“Kita juga ucapkan terimakasih kepada Pemkab Bungo melalui Dinas TPH Bun atas bantuan tanaman bibit seperti kacang kedelai, kacang tanah dan lainnya untuk tumpang sari di lokasi tanaman Porang ini nantinya,” tukas Paul.

Tempat yang sama, bupati Bungo H. Mashuri dalam sambutan saat meninjau lokasi rencana tanam Porang perdana menyambut baik dan sangat mendukung kegiatan pertanian untuk pengembangan tanaman porang seperti yang dialukan oleh kelompok Tani Maju Jaya Bungo ini.

Pemda Bungo kata Mashuri siap untuk memberikan support kepada para petani porang di kabupaten Bungo agar hasil tanaman umbi-umbian itu bisa mensejahterakan masyarakat, khususnya bagi para petani itu sendiri.

“Tentunya kita Pemkab Bungo akan senantiasa selalu siap memberikan support melalui dinas TPH Bun agar bagaimana para petani di kabupaten Bungo bisa mendapatkan hasil yang memuaskan saat panen, seperti halanya para petani Porang ini. Apalagi Porang ini bisa dikatakan baru bagi kita di Bungo dan rencana tanam perdana ini adalah juga yang pertama akan dilakukan,” ungkap Bupati H. Mashuri.

Bupati juga menyambut baik pematangan persiapan rencana tanam perdana Porang oleh Gubernur Jambi ini, agar nantinya bisa berjalan dengan lancar dan sukses. (tj)

Komentar

News Feed