Tanpa Papan Nama, Aktivis Tebo Soroti Pengerjaan Rehab Sanggar Dekranasda

Titik Tebo702 Dilihat
Share

Muara Tebo – Rehab sanggar Dekranasda tanpa papan anggaran yang beralamat di Kelurahan Tebing tinggi KM 3 Kecamatan Tebo Tengah Kabupaten Tebo diduga proyek siluman. Hal ini dikatakan oleh salah satu aktivis Tebo, Salim.

“Masyarakat berhak mengetahui, mendapatkan informasi serta mempertanyakannya, karena ini adalah anggaran Negara yang digunakan, sehingga semua elemen berhak mendapatlan informasi dengan berlandaskan aturan tentang keterbukaan informasi publik,” ungkapnya Selasa (13/12/2022)

Ditambahkannya, tidak selayaknya pengerjaan proyek yang menggunakan uang pemerintah atau uang Negara tidak memiliki papan nama proyek. “Besar ataupun kecil anggaran untuk proyek itu tetap harus dibuat papan namanya.” paparnya.

Dijelaskannya, pengerjaan Rehab sanggar dekranasda tersebut sudah berjalan sejak beberapa minggu yang lalu, tapi tidak seperti pembangunan proyek aset pemerintah lainnya, yang ada papan nama dalam proyek ini tidak terlihat papan nama proyek yang mencantumkan spesifikasinya, seperti berapa anggaran, kapan dimulai dan berakhir, hal ini tentu menjadi sorotan masyarakat yang kerap beraktivitas di kawasan tersebut.

Untuk diketahui, Pemasangan papan proyek itu sebagai bentuk patuh terhadap Undang-Undang RI No.14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik Pasal 15 Huruf (d.) merupakan hal yang patut dipertanyakan. Sebab sudah menutupi transparansi publik melanggar UU No 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan imformasi Publik (KIP).

Baca Juga :  Kasus Oknum Ketua DPRD Tebo Diteruskan ke Kejagung

“Berdasarkan hasil pantauan saya Ini proyek menggunakan anggaran APBDP tahun 2022 yang dikerjakan oleh CV. Budi Mulia,” ucap Salim

Dengan tidak dipasangnya papan nanurutnya masyarakat tidak bisa turut mengontrol pembangunan tersebut. Kondisi ini membuat sejumlah kalangan mulai mempertanyakan kinerja dinas yang bersangkutan.

“Selaku masyarakat kami sangat mengecewakan sikap dari pelaksana kegiatan yang enggan memasang plang papan nama proyek yang sedang dikerjakan.” tandasnya (tj)

Komentar