Pileg 2024, KPU Sarolangun Tawarkan Tiga Opsi Pembagian Dapil

Titik Sarolangun727 Dilihat
Share

Sarolangun – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sarolangun menyiapkan tiga opsi Daerah Pemilihan (Dapil) untuk diuji publik sebelum di tetapkan KPU Pusat.

Opsi Pertama sama dengan pemilu 2019 lalu, yaitu 4 dapil yaitu, dapil 1, Kecamatan Sarolangun – Bathin VIII dengan 8 Kursi. Dapil 2 (Pauh-Air Hitam-Mandiangin-Mandiangin Timur) 9 kursi. Dapil 3, Kecamatan Pelawan dan Singkut 8 kursi dan Dapil 4, Kecamatan Batang Asai-Limun – Cermin Nan Gedang 5 Kursi.

Opsi 2 sebanyak tiga dapil, Dapil 1 dengan 11 kursi (Batang Asai-Sarolangun-Bathin VIII-CNG), Dapil 2 dengan 9 kursi (Pauh-Mandiangin-Air Hitam-Mandiangin Timur), Dapil 3 dengan 10 kursi (Limun-Pelawan-Singkut)

Opsi ke 3 sebanyak lima Dapil, Dapil 1 dengan 8 kursi (Sarolangun-Bathin VIII), Dapil 2 dengan 5 kursi (Pauh-Air Hitam), Dapil 3 dengan 4 kursi (Mandiangin-Mandiangin Timur), Dapil 4 dengan 8 kursi (Pelawan-Singkut) dan dapil 5 dengan 5 kursi (Batang Asai-Limun- Cermin Nan Gedang.

Muhammad Fakhri Ketua KPU Kabupaten Sarolangun mengatakan, dapil atau daerah pemilihan merupakan batas wilayah/area kompetisi, untuk memperebutkan suatu jabatan politik yang dipilih.

“Uji publik penting dilaksanakan, untuk menghimpun masukan dan tanggapan dari para pemangku kepentingan terkait,” katanya pada sambutan Uji publik rancangan penetapan dapil. (Rayan)

Baca Juga :  Peringati HUT ke-8, GMS Akan Turun ke Desa Guna Dengar Keluh Kesah Masyarakat

Komentar