oleh

Terjangkit Virus Jembrana, 100 Ekor Lebih Sapi Mati di Bungo

Share

Muara Bungo – Lebih dari 100 ekor sapi milik peternak di beberapa Kecamatan di Kabupaten Bungo mati terjangkit virus Jembrana.

Walaupun demikian, pihak Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bungo terus melakukan sanitasi dan vaksinasi terhadap sapi – sapi di Bungo.

Enggar Tri Wahyudi, Kabid Peternakan menyebutkan, 100 ekor sapi yang mati terjangkit virus Jembrana itu adalah data pada tahun 2017 lalu.

“Bulan Januari 2018 ini saja sudah ada mati 2 ekor. Bahkan pagi ini ada laporan dari petani beberapa ekor sapi sakit lagi,” sebut Enggar Tri Wahyudi di ruang kerjanya (Jumat 5/1/2018)

Ditempat yang sama, Sandi Putra, Kasi Kesehatan Hewan (Keswan) juga menambahkan, bahwa penularan virus Jembrana bisa disebabkan kurangnya pengawasan dari petani, baik pemberian pakan maupun kondisi kandang yang kurang memadai.

“Penyebab virus Jembrana bisa akibat penularan dari sapi yang sudah terjangkit melalui lalat. Atau bisa jadi dari jarum suntik yang sudah digunakan maka disuntik lagi kepada sapi lainnya,” tambah Sandi.

Dalam hal ini, Sandi menghimbau kepada petani sapi agar benar – benar menjaga kebersihan kandang dan mengatur pakan sapi.

“Pencegahan juga bisa dengan pemberian antibiotik dan vitamin pada sapi agar ternak tidak mudah terserang penyakit, jika ada sapi yang terjangkit atau sakit bisa lapor langsung ke kami.” himbau Sandi.

Penulis : Ahmad Pudaili

Komentar

News Feed