oleh

2021, Pemkab Sarolangun Fokus Tiga Skala Prioritas Pembangunan

Share

Sarolangun – Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Sarolangun di tahun 2021 akan fokus terhadap tiga skala prioritas pembangunan daerah.

Tiga skala prioritas tersebut meliputi peningkatan ekonomi masyarakat, peningkatan pembangunan infrastruktur, dan peningkatan pelayanan publik.

Hj Maria Susanti, Kabid Pendanaan di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) mengatakan, pihaknya sudah merancang pembangunan daerah tahun 2021 ini pada pertengahan Desember 2019 hingga Januari 2020 yang lalu.

“Sekarang perencanaanya untuk 2022, karena dari Desember kami sudah mulai musyawarah desa sampai dengan Januari. Saat ini perencanaan tahun kelima, di masa kepemimpinan bapak bupati dari tahun 2017. Tahun depan kita sudah melakukan laporan pertanggungjawaban RPJM kepala daerah,” katanya

Ia juga mengatakan, pada tiga skala prioritas tersebut sebagai upaya untuk meneruskan program pemerintah kabupaten sarolangun dibawah kepemimpinan Bupati Cek Endra Dan Wakil Bupati Hillalatil Badri, priode 2017-2022.

Peningkatan ekonomi masyatakat, yang difokuskan dalam rangka peningkatan ketahanan pangan, mulai dari sektor pertanian, perikanan, peternakan, hingga perkebunan.

“Kita fokus pada peningkatan perekonomian masyarakat, tapi tidak melupakan peningkatan infrastruktur yang menjadi prioritas kita. Karena masih ada pekerjaan rumah yang belum diselesaikan, apalagi inikan masuk akhir masa RPJMD pak Bupati,” katanya.

Katanya, regulasinya sudah jelas dari pemerintah pusat, bahwa diharuskan program pembangunan daerah itu mendahulukan peningkatan ekonomi masyarakat.

“Misalnya padi sawah dan padi ladang, supaya masyarakat tidak beli beras lagi, seperti di Kecamatan Pelawan, sudah ada yang melalui pihak ketiga. Dibidang pembangunan infrastruktur, lanjut Maria, bahwa Pemkab Sarolangun pada tahun 2021 ini tetap melanjutkan pembangunan jalan yang menjadi keluhan masyatakat dan masuk dalam skala prioritas. Diantaranya, adanya ruas jalan yang belum terselesaikan, seperti di daerah spintun, Kecamatan Pauh,” pungkasnya

Pada skala prioritas lainnya, peningkatan pelayanan publik, tentu pemerintah kabupaten Sarolangun terus berupaya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan baik.

Reporter : Rayan Arpandi
Editor : Ahmad Pudaili

Komentar

News Feed