oleh

Warga yang Mau Haji Harus Bersabar, Daftar Sekarang Berangkatnya 23 Tahun Mendatang

Share

Sarolangun – Masyarakat Kabupaten Sarolangun yang ingin berangkat haji nampaknya harus ekstra sabar. Pasalnya daftar tunggu haji reguler untuk Kabupaten Sarolangun hingga 23 tahun.

Artinya jika masyarakat yang mendaftar haji pada tahun 2018 ini, maka pemberangkatan hajinya baru tahun 2041 mendatang.

Kepala Penyelenggara Haji dan Umroh, Kemenag Sarolangun,  Ahmadi, Melalui Staf haji bagian pelayanan pendaftaran haji. Sam’an mengatakan, untuk pendaftaran tahun ini dengan tahun-tahun berikutnya akan berbeda, karena untuk estimasi pemberangkatannya ditambah menjadi 23 tahun.

“Daftar tunggu haji itu sesuai estimasi 23 tahun kedepan dari sekarang, karena kita kuota Provinsi,” katanya,

Ia juga mengatakan, setiap tahun Kabupaten Sarolangun hanya mendapatkan jatah kuota memberangkatkan jamaah calon haji (JCH) lebih kurang 200 orang jamaah, yang kemudian dibagikan kepada tiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Sarolangun. Sementara animo masyarakat makin lama makin meningkat yang ingin berangkat haji.

Tahun 2018 ini tuturnya, Kabupaten Sarolangun memberangkatkan sebanyak 218 JCH, dan untuk tahun 2019 mendatang berdasarkan data sementara hanya sekitar 187 JCH.

“Tahun 2019, sesuai data sementara ada sekitar 187 jamaah calon haji asal Sarolangun untuk diberangkatkan, rata-rata yang akan diberangkatkan itu mendaftar awal 2011 sampai pertengahan tahun 2011.” tambahnya

Namun katanya, jumlah itu mungkin bisa berkurang dan bisa bertambah. “Pengurangan dan penambahan biasanya ada yang meninggal, ada yang tidak bisa berangkat. Tapi 2019 baru kita tahu apa alasan CJH tidak bisa berangkat, alasannya harus pakai surat, sebagai kekuatan kita ketika ada apa-apa,” singkatnya

Penulis : Rayan Arpandi
Editor : Ahmad Pudaili

Komentar

News Feed