oleh

Akibat Hujan Deras Sejumlah Sungai Meluap, Warga Diminta Waspada

Share

Nomor Pengaduan Bencana :
– Telpon : 0747 21129
– Handphone : 085264239944

Muara Bungo – Hujan deras yang menguyur Kabupaten Bungo semalaman mengakibatkan genangan air di wilayah Kecamatan Rantau Pandan semakin naik, Kamis (22/02/2018).

Sungai Batang Bungo

Tingginya debit air Sungai Batang Bungo mengakibatkan rumah warga tergenang air. Bahkan, ketinggian air semakin meningkat.

Berdasarkan data yang dihimpun, ada puluhan rumah yang tergenang air di wilayah Kecamatan Rantau Pandan. Bahkan air mencapai ketinggian 20 hingga 30 cm.

Joni, Warga sekitar mengatakan sejumlah rumah warga tergenang air akibat luapan Sungai Batang Bungo saat hujan deras terjadi semalam.

“Debit air Sungai Batang Bungo meninggi. Banyak rumah warga yang tergenang air akibat luapan Sungai Batang Bungo,” katanya.

Selain itu, di Kecamatan Tanah Sepenggal juga terlihat debit Sungai Batang Tebo juga semakin meninggi. Bahkan, Camat Kecamatan Tanah Sepenggal menghimbau warga untuk selalu waspada.

Sungai Batang Tebo, di Dusun Sungai Gambir

Zukriyanto, selaku Camat Kecamatan Tanah Sepenggal menyebutkan memang debit air Sungai Batang Tebo mengalami kenaikan pasca hujan lebat yang turun.

Tentu dengan kondisi seperti ini warga diimbau agar selalu waspada dengan hewan berbahaya, waspada saat berjalan di titian yang tergenang air.

“Kepada warga diminta waspada, terutama awasi anak-anak. Terlebih bagi warga yang berada dipinggir Sungai,” katanya

Menanggapi hal ini, Indones kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bungo mengaku memang saat ini merupakan musim hujan, sehingga terjadi kenaikan Tinggi Muka Air (TMA) di berbagai wilayah di Bungo.

“Untuk Kecamatan Rantau Pandan memang terjadi kenaikan TMA Sungai Batang Bungo. Akibat TMA itu terdampak pada Dusun (Desa) Leban.” sebut Indones.

Ia menambahkan, pihaknya sudah melakukan langkah-langkah untuk mengatasi hal yang tidak diinginkan. Seperti peralatan evakuasi katanya sudah dikirim dua unit perahu dan petugas TRC sudah dilapangan.

“Kondisi cuaca saat ini tidak menentu, tentu kami menghimbau masyarakat yang berada di pinggiran sungai untuk selalu waspada.” tambahnya

Himbauan kepada masyarakat untuk tetap tenang selamatkan harta benda dari terendam. “Kurangi aktivitas pada bantaran sungai dan cepat melapor jika harus dievakuasi.” singkatnya.

Reporter : Ahmad Pudaili

Komentar

News Feed