oleh

Tahapan Coklit, Masyarakat Diminta Pro Aktif Agar Benar-benar Terdaftar di DPT

Share

Pilkada Merangin saat ini tengah berada dalam tahapan sangat penting. Yakni pencocokan dan penelitian (coklit) calon pemilih.

Kami percaya KPU dan jajarannya bekerja dengan profesional. Namun kami perlu mengingatkan bahwa coklit adalah tahapan yang sangat vital.

Proses coklit berujung pada masuk atau tidaknya masyarakat Merangin ke dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Artinya, ini terkait pada dua hal.

Pertama, terkait dengan hak politik (hak pilih) warga negara yang dijamin oleh UU. Dalam hal ini warga Kabupaten Merangin. Kedua, terkait pada kwalitas pemilukada dan legitimasi kepala daerah terpilih.

Berkaca pada banyak pemilukada di daerah lain. Banyak sekali masyarakat yang tidak terdata. Bahkan DPT hampir selalu jadi persoalan paling pelik. Sehingga berpotensi kehilangan hak suara.

Maka, kami mendorong KPU dan jajarannya untuk memastikan bahwa tahapan coklit ini benar-benar dilakukan secara maksimal. Karena ini merupakan tahapan yang sangat vital.

Kami juga berharap Panwaslu Kabupaten Merangin dan jajarannya untuk maksimal mengawasi tahapan coklit. Karena pengawasan yang baik sangat vital dalam setiap tahapan pemilukada.

Berikutnya, kami juga menghimbau agar masyarakat Merangin pro aktif. Pastikan diri kita masuk dalam daftar pemilih yang dicoklit dengan mendatangi Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) atau RT terdekat.

Muchlisin :

Direktur Media Centre Ir. H. Ahmad Fauzi, MT. – Sujarmin (FAJAR)

Komentar

News Feed