oleh

Tingkatkan Partisipasi Masyarakat, 55 Relasi Sarolangun di Bimtek

Share

Sarolangun – Sebanyak 55 Relawan Demokrasi (Relasi) dari 10 basis atau segmen sosialisasi di berikan Bimbingan Teknis (Bimtek) dan pembekalan dalam rangka orientasi tugas.

Bertempat di Ruang Pola Kantor Bappeda Sarolangun, Bimtek diawali dengan penyematan baju, topi dan rompi Relasi oleh ketua KPU Kabupaten Sarolangun beserta segenap anggota KPU Sarolangun. Berlangsung Sabtu – minggu (26-27/1/2019).

Ketua KPU Sarolangun Muhammad Fakhri dalam sambutannya mengatakan, Relasi merupakan perpanjangan tangan dari KPU dalam melakukan sosialisasi mengenai pemilu 2019 kepada masyarakat.

Relasi yang terbentuk merupakan perpaduan dari komunitas, organisasi, dan masyarakat umum yang memiliki kepedulian terhadap keberlangsungan demokrasi di Indonesia.

“Tujuannya adalah untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilihnya. Relasi juga bertujuan meningkatkan kepercayaan masyarakat umum terhadap proses demokrasi. Karena saat ini banyak bertebaran hoax atau berita bohong yang mendeskreditkan penyelenggara seakan-akan berat sebelah.” ungkapnya

Dirinya berharap, dengan kehadiran relasi ini dapat menjelaskan kepada masyarakat, karena Relasi ini bersentuhan langsung sama masyarakat.

Hal senada juga diungkapkan anggota KPU Sarolangun divisi Partisipasi Masyarakat, Ibrahim. Peran Relasi adalah sebagai mitra KPU dalam menjalankan agenda-agenda sosialisasi dan diharapkan mampu mendorong tumbuhnya kesadaran serta tanggung jawab penuh masyarakat untuk menggunakan haknya dalam pemilu secara optimal.

“Dengan adanya Relasi, hendaknya menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap demokrasi,” singkatnya

Reporter : Rayan Arpandi
Editor : Ahmad Pudaili

Komentar

News Feed