oleh

Ternyata Air Garam Tak Hanya di Laut, di Gunung Inum Tinggi Sarolangun Juga Ada

Share

Sarolangun – Objek Wisata baru di Kabupaten Sarolangun terus bermunculan dan semakin banyak dikenal masyarakat, salah satunya puncak Tempurung Garden yang sedang viral saat ini. Tak hanya itu, dengan tingginya minat wisatawan yang berkunjung, masyarakat Batang Asai kabupaten Sarolangun terus berupaya menampilkan destinasi wisata lokal yang mampu menjadi magnet bagi wisatawan.

Hal itu dibuktikan dengan pemanfaatan air inum (asin) menjadi wisata air garam gunung Inum Tinggi yang berlokasi di desa Sungai Keradak kacamatan Batang Asai kabupaten Sarolangun.

Uniknya, wisata air garam gunug Inum Tinggi membuktikan bahwa garam tidak hanya dilaut saja, melainkan ada di gunung. Hal itu sangat menakjubkan, selama ini masyarakat umum hanya mengenal air garam hanya terdapat dilaut saja.

Sahari, kades Sungai Keradak mengatakan, air asin dari gunung Inum Tinggi ini bisa dikelola menjadi garam di temukan sudah lama semenjak tahun 1445 oleh Leluhur (Nenek muyang), dan katanya sudah digunakan beberapa kabupaten diantaranya Merangin, Rawas dan Bengkulu. Akan tetapi setelah datangnya air garam dari laut tertutup sudah air garam inum ini saat itu.

“Benar, dulu orang tua kita mengambil garam di air asin gunung inum tinggi ini. Harapan kami dari pemerintah desa agar Pemerintah Kabupaten untuk meninjak lanjuti aset parawista ataupun sumber daya alam yang ada di desa Sungai Keradak, terutama untuk diperluaskan sehingga dikenal kemanca negara,” katanya

Ia juga mengatakan, lokasi air garam gunung inum tinghi berjarak sekitar 1,8 KM dari pusat desa Sungai Keradak. “Untuk mencapai ke lokasi kalau jalan kaki dari desa Sungai Keradak palingan hanya menghabiskan waktu 60 menit, karna jalan menuju lokasi belum memadai. harapan kami kepada pemerintah daerah untuk menunjang inprastrukur menuju lokasi objek wisata,” harapnya

Bak pepatah menyebutkan garam yang biasanya dilaut saja, namun kali ini desa Sungai Keradak membantah istilah itu, karna di desa Sungai Keradak semuanya ada digunung, asam ada digunung garampun ada digunung.

“Manfaatnya telah kami coba, bisa mengobati penyakit gondok, gatal-gatal, penyakit kulit, menurun darah tinggi dan lain-lain. Tidak jauh dari lokasi air garam inum tinggi juga terdapat wisata danau kaca, bukit kundul dan air terjun,” pungkasnya

Sementara itu kadis Parpora Sarolangun Idrus mengatakan, Air garam Inum Tinggi sangat potensi dikembangkan menjadi objek wisata.

“Sekarangkan masyarakat kita memang dimanjakan dengan wisata alam diseluruh wilayah, baik itu di jambi maupun di Sarolangun. Untuk Air garam inum ini sedikit memiliki keunikan dan kami dari dinas Parpora akan memperjuangkan dan akan memenuhi prasarana yang memang bisa menunjang pariwisata ini lebih baik lagi,” katanya

Penulis : Rayan Arpandi
Editor : Ahmad Pudaili

Komentar

News Feed